Ical Tebar Janji dan Bantuan di Bromo

Jumat, 28 Januari 2011 – 05:25 WIB

SURABAYA - Partai Golkar tampaknya terus memanaskan mesin politiknya, dan makin gencar menggalang dukungan dan simpati masyarakatBuktinya, kemarin (27/1) Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie datang ke Dusun Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Probolinggo.
   
Kedatangan Ical, beserta sejumlah petinggi partai Golkar tersebut, ke dusun yang paling parah terkena dampak erupsi Gunung Bromo tersebut bertajuk ?Partai Golkar berbagi rasa?

BACA JUGA: Gaji SBY Dinaikkan, Rakyat jadi Korban

Diantaranya yang tampak dalam rombongan Ical adalah sejumlah anggota DPP, ketua DPD Partai Golkar Jatim Martono, Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim Gesang Budianto, dan sejumlah pengurus teras lainnya
Tampak pula ketua PWNU Jatim, KH Muh

BACA JUGA: Pemda Harus Tagih Tunjangan Komunikasi DPRD 2004-2009

Mutawakil, yang memimpin doa penutup di ujung acara.

"Ini bukan kampanye
Ini semata adalah kepedulian kami terhadap penderitaan bapak-bapak, ibu-ibu, yang ada di sini

BACA JUGA: Hak Veto Gubernur Utama Dinilai Salah Kaprah

Kampanye masih jauh, dan kami ingin melihat langsung penderitaan masyarakat di sini," ucap bos Grup Bakrie tersebutTak lama kemudian, dia menyumbang 36,4 ton beras kepada sekitar 7.000 KK di dua kecamatan tersebut.

Kepada sekitar 500 warga yang ada di kawasan tersebut, Ical mengatakan pihaknya akan membantu daya hidup warga di dua kecamatan yang paling terdampak erupsi Bromo selama enam bulan"Kalau saya masih Menkokesra, maka jajaran yang saya bawa adalah aparat pemerintahanTapi, karena saya kini hanya ketua umum Partai Golkar, maka yang saya gerakkan adalah Partai Golkar," ucapnya.

Selain itu, secara pribadi Ical juga mengatakan pihaknya mempunyai perusahaan Bakrie Microfinance"Minggu depan, mereka akan datang ke siniDan akan memberikan kredit usaha tanpa agunan maksimal sebesar Rp 1 juta untuk satu orang perempuanKenapa untuk perempuan, biar mereka bisa berusaha, sementara bapak-bapaknya mencari rezeki dari jalan yang lain," ucapnya.

Hanya, Ical menetapkan sebuah syarat yang tak lazimYakni, kredit tersebut hanya bisa dikucurkan melalui satu orang fasilitatorDan satu orang fasilitator tersebut maksimal hanya boleh mengkoordinir 20 orang perempuan yang akan mengajukan kredit"Jadi bila ada sekitar 3.500 perempuan, maka ya butuh sekitar 175 fasilitatorBisa nggak itu," katanya

Ketika ditanya apakah ini bukan semacam bentuk MLM (multi level marketing) politik? Ical membantahnya"Sekali lagi, ini bukan kampanyeMusim kampanye masih lamaIni murni kepedulian kami, terserah orang mau menilainya seperti apa," tegasnya.

Selanjutnya, ketika salah seorang warga mengeluhkan soal biaya renovasi, Ical dengan spontan memberikan sumbangan"Saya komitmen Rp 100 jutaNah, pak Martono berapa?" ucapnya, tanya ke Ketua DPD Partai Golkar Jatim Martono

Yang ditanya kemudian menjawab Rp 50 jutaKemudian berkeliling, dan terkumpul komitmen kontribusi sebesar Rp 275 juta"Baiklah, saya akan memberi jaminan akan terkumpul kontribusi sebesar Rp 1 miliar dari Partai Golkar untuk rehabilitasi bangunan," ucapnya, yang langsung disambut tepuk tangan oleh para warga setempat.

Kendati langkah-langkah Partai Golkar sudah sangat massif dalam menggalang simpati warga, namun Aburizal Bakrie masih menutup mulut soal kesiapannya menjadi calon presiden"Itu masih jauh lahBagi partai Golkar, mekanismenya tetap samaYakni, hasil surveyDan survey itu toh juga belum kami lakukan," tandasnya.

Bila hasil survey menjadikan Ical dalam rangking atas, bersediakah? Ical tetap enggan menjawab"Itu seperti belum punya calon mantu, tapi sudah tanya besannya siapa? Terlalu dini menjawabnya," katanyaBerkali-kali didesak pun, Ical juga tetap enggan menjawab"Belum tepat untuk menjawabnya sekarang," imbuhnya.

Hanya, Ical mengatakan sebagai ketua umum Partai Golkar, dia menargetkan dalam pemilu legislatif 2014 mendatang, partainya akan nomor satu dan mencapai 30 persen"Siapa pun ketua partai harus optimisDan saya cukup optimisApalagi, kami mempunyai paradigm baru, yakni suara Golkar suara rakyatArtinya, kami sekarang yang menangkap keinginan rakyat dan menjadikannya sebagai platform kerja kami," tegasnya(ano)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Buru Pembuat Crop Circle


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler