Idul Adha Beda, Muhammadiyah: Insya Allah Idul Fitri Sampai 2025 Akan Sama

Senin, 14 September 2015 – 00:37 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Peringatan Idul Adha tahun ini sudah dipastikan tidak akan berlangsung secara bersamaan di seluruh Indonesia. 

Pasalnya pemerintah telah menetapkan Idul Adha akan jatuh pada 24 September 2015, sedangkan Muhammadiyah lebih cepat sehari sebelumnya, yakni 23 September 2015.

BACA JUGA: Harusnya Menteri Lain Tiru Jurus Kepret Rizal Ramli

"Penentuan awal bulan Dzulhijjah, Muhammadiyah menetapkan sebulan sebelum Ramadan jatuh pada hari Senin (14/9). Jadi Idul Adha jatuh pada Rabu 23 September," ucap Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ma'rifat Iman di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (13/9) malam.

Soal perbedaan penetapan perhitungan waktu 1 Dzulhijjah 1436 H dengan pemerintah, ditegaskan Ma'rifat tidak perlu dibesar-besarkan. Pihaknya tetap saling menghargai satu sama lain. "Alhamdulillah nggak ada masalah," katanya.

BACA JUGA: Adian Tuding Setya dan Fadli Zon Langgar Konstitusi

Namun untuk perayaan Idul Fitri, dia memperkirakan hingga 10 tahun mendatang akan sama waktu yang ditetapkan antara pemerintah dengan Muhammadiyah. "Yang sama itu Idul Fitri, Insya Allah sampai 2025 akan sama. Tapi Idul Adha ada beberapa cara perhitungan dan kriteria yang beda," tandasnya. (chi/jpnn)

BACA JUGA: MenPAN-RB: Pejabat Tidak Bisa Langsung Ditangkap

BACA ARTIKEL LAINNYA... AP II Dukung Jadikan Tarif Avtur di Indonesia Lebih Kompetitif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler