Incumbent Unggul Pilpres, Nigeria Dilanda Rusuh

Selasa, 19 April 2011 – 22:16 WIB
ABUJA - Hasil perhitungan suara pemilu presiden (pilpres) yang berakhir ricuh di Benua Afrika tidak hanya terjadi di Pantai GadingKerusuhan pun meletus di Nigeria, kemarin (18/4), menyusul perhitungan suara dalam pilpres yang memenangkan calon incumbent, Presiden Goodluck Johathan.

Massa yang tidak puas terhadap perhitungan suara terlibat bentrok dengan tentara di Kano, kota terbesar di Negara Bagian Kano, utara Nigeria

BACA JUGA: Belasan Pasukan Pemberontak Libya Tewas

Bahkan, aksi kerusuhan akhirnya meluas ke seluruh negara bagian tersebut.

Insiden itu dipicu oleh tuduhan kecurangan dalam pemilu pada Sabtu lalu (16/4)
Massa yang tidak puas turun ke jalan dan bertindak anarkis

BACA JUGA: Kerahkan Robot untuk Deteksi Radio Aktif PLTN Fukushima

Kerusuhan meluas ke beberapa negara bagian di utara
Pasalnya, ada perbedaan yang tajam dalam perhitungan suara di wilayah utara yang warganya mayoritas Muslim dengan di selatan yang jumlah penduduknya lebih besar dan didominasi oleh pemeluk Kristiani.

Kaum muda menantang tentara yang dikerahkan ke jalan-jalan di Kano, kota terbesar kedua di Nigeria setelah Lagos

BACA JUGA: Massa Desak Pembebasan Tahanan Politik Palestina

Koresponden Agence France-Presse melaporkan bahwa tentara berupaya membubarkan aksi massaDemonstran juga menghentikan mobil-mobil yang melintas dan menuntut supaya mereka mendukung rival utama Jonathan, mantan penguasa militer Muhammadu Buhari, yang memiliki kekuatan dan punya dukungan besar di utara.

Dengan papan dan kayu, massa lalu memukuli dua warga yang diduga pemeluk KristianiAbi berkobar di jalan-jalanSekolah-sekolah dan toko tutup akibat kerusuhan tersebut.

Sejumlah laporan yang belum bisa dikonfirmasi menyebutkan bahwa sebuah gereja Baptist dibakar di Kota Zaria, kota kelahiran Wakil Presiden Namadi SamboSelain itu, beberapa orang dikabarkan tewas dalam kerusuhan di sejumlah wilayah.

"Situasinya makin mengkhawatirkan," kata Musa Ibrahim, warga Zaria, lewat telepon"Demonstran memenuhi jalan-jalan utama di ZariaLalu lintas terputus total," lanjutnya.

Kerusuhan juga pecah di Negara Bagian Sokoto, barat laut NigeriaSebelumnya, bangunan dibakar di Bauchi dan Gombe, dua negara bagian di utara"Aparat keamanan telah dikerahkan ke Kota Sokoto untuk mengendalikan para pemuda yang membakar kayu dan ban di jalan sebagai bentuk protes," terang Al-Mustapha Sani, juru bicara Kepolisian Sokoto.

Di Negara Bagian Kaduna, di mana Kota Zaria berada, rumah para tokoh dari partai berkuasa telah diserangSuara tembakan juga terdengar saat massa beraksi dengan berpindah dari jalan ke jalanPolisi telah mengerahkan personel dalam jumlah ekstra meski belum mampu meredakan situasi.

Ledakan keras juga mengguncang sebuah hotel di Kota Kaduna pada Sabtu malam seusai pilpresSaat itu, sedikitnya delapan orang terluka.

Meskipun perhitungan di 36 negara bagian belum tuntas, Jonathan tampaknya bakal memenangi pilpres di negeri berpenduduk 154 juta jiwa tersebutHasil perhitungan suara sementara menunjukkan bahwa dia unggul cukup jauh dibandingkan para pesaingnya.

Tetapi, kecemasan meningkat karena perpecahan wilayah regional di NigeriaJonathan yang warga asli selatan Nigeria mendapat dukungan kuat di daerah asalnyaSebaliknya, Buhari mendapat dukungan luas di utara.

Para pengamat sebetulnya memuji pilpres NigeriaMereka menyebut pilpres di negeri dengan populasi terbesar di Afrika itu sebagai yang paling adil dan fair dalam beberapa dekadePujian itu, antara lain, datang dari Uni Eropa (UE) yang telah mengirimkan pengamat ke negeri tersebut.

Hasil perhitungan suara sementara yang diperoleh Reuters menyebutkan bahwa Jonathan telah meraih sekitar 23 juta suaraSedangkan Buhari lebih dari 12 jutaKomisi Pemilihan Umum (KPU) Nigeria pun dijadwalkan mengumumkan hasil perhitungan suara itu kemarin dan secara resmi menetapkan Jonathan sebagai pemenang.

Di Negara Bagian Akwa Ibom, Jonathan meraih 95 persen suaraDi Anambra dia meraup 99 persenDi daerah asalnya, Negara Bagian Bayelsa, Jonathan hampir menyapu bersih suara, yakni 99,63 persen.

Buhari menang di sebagian besar wilayah di utaraTapi, hasil perhitungan di beberapa wilayah memicu kontroversi karena perolehan suara Jonathan dinilai terlalu tinggi.

Buhari, yang juga kalah dalam pilpres 2003 dan 2007, berkali-kali menyatakan bahwa rakyat Nigeria tak akan menerima hasil pemilu yang curangDia tak akan menggugat hasil pemilu ke pengadilanTetapi, partainya kemungkinan yang akan membawa kasus kecurangan pemilu itu ke pengadilan(AFP/Rtr/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilih Bayar Tebusan, Pemerintah Tolak Disebut Lemah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler