Indonesia Cuma Target Tembus Final

Kamis, 14 Agustus 2008 – 18:48 WIB

jpnn.com -

 JAKARTA--Walau menjadi tuan rumah, tim nasional (Timnas) Indonesia enggan mematok target muluk-muluk pada Piala Kemerdekaan yang kini diberi nama Pertamina Independence Cup (PIC) 2008Sanggup menembus babak final sudah lebih dari cukup.

"Karena kontestan cukup kualified dan berat, bisa tembus final sudah cukup," tegas Sekjen PSSI Nugraha Besoes, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis 14 Agustus 2008.

PIC 2008 yang akan bergulir 21 Agustus hingga 29 Agustus 2008 mendatang, di Stadion Gelora Bung Karno, rencananya akan diikuti enam tim

BACA JUGA: Jago Merah Putih Tembus Semifinal

Selain timnas senior dan timnas U-21, turut ambil andil Libia, Myanmar, Brunei, dan Kamboja
"Semuanya akan hadir di Indonesia dua hari sebelum pembukaan," tambah Nugraha.

Dalam daftar peringkat FIFA, Libia  berada di urutan 87

BACA JUGA: Sejarah Sedikit Untungkan Sony

Negara bagian di Afrika Utara ini pernah menjadi runner up Piala Afrika 1982 saat statusnya sebagai tuan rumah
Tiga negara lain adalah negara yang bisa dianggap setara dengan kualitas sepakbola tanah air

BACA JUGA: Taufik Hidayat Langsung Tumbang

Ajang Piala Kemerdekaan sempat vakum selama delapan tahunIndonesia masih berstatus juara bertahan sejak tahun 2000 laluTurnamen ini akan menjadi ajang pemanasan timnas Indonesia.

Makanya, menurut Nugraha, selalu digelar di tahun genap, sedianya sekali dalam dua tahunTimnas Senior akan memanfaatkan Piala Kemerdekaan sebagai ajang pematangan tim sebelum melakoni turnamen regional Piala Tiger yang kini digelar dengan nama Suzuki IFF CupJuga,

sebagai ajang persiapan menjelang  Kualifikasi Piala Asia 2009"Itulah yang sebenarnya menjadi target utama," tambah Nugraha.

Pada kualifikasi Piala Asia, Indonesia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk bisa lolos ke piala AsiaPasalnya, tim asuhan Benny Dolo akan bertemu dengan para Jawara Asia seperti Oman, Australia, serta Kuwait

Bagi timnas U-21, Piala Kemerdekaan jadi pemanasan sebelum melakoni Sea Games 2009 di Laos.  Piala Kemerdekaan yang sudah berusia 23 tahun terbuat dari emas 18 karatPiala bergilir yang juga sempat diboyong ke Istana Wapres kemarin itu, sarat dengan simbol-simbol hari kemerdekaan Indonesia.

Wakil Presiden RI, HMJusuf Kalla meminta PSSI bisa mewujudkan target yang sudah dipatokSelain itu, Wapres meminta masyarakat Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan bisa menjaga citra bangsa"Wapres meminta, turnamen ini harus bersih dari keributan dan kericuhan," tandas Nugraha mengutip penyataan JK.(ysd)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembukaan Olimpiade Paling Spektakuler


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler