Indonesia Gelar KAA, DPR Percepat Paripurna Penetapan Calon Kapolri

Selasa, 14 April 2015 – 12:48 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan bahwa rapat paripurna DPR dengan agenda penetapan calon Kapolri terpilih akan dipercepat. Penyebabnya adalah mengingat adanya penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung.

Menurut Fahri, sedianya paripurna penetapan Kapolri akan diadakan Senin (20/4). Namun, karena ada permintaan dipercepat, kemungkinan paripurna penetapan Kapolri dilakukan dalam pekan ini juga.

BACA JUGA: Sambil Ngeteh di Teras Istana, Jokowi Minta Ahok-DPRD Tidak Ramai Lagi

"Kami dapat SMS bahwa karena ini ada KAA, komisi III minta paripurna lebih cepat. Kemarin tidak ada masalah yang penting komisi III menjalani proses maka paripurna kita gunakan untuk menyetujui dan tidak menyetujui ada opsi," kata Fahri di gedung DPR Jakarta.

Komisi III sendiri akan menggelar proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) atas Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri selama tiga hari berturut-turut pada 15-17 April. Proses fit and proper test akan dimulai besok (15/4) dengan mengunjungi rumah Badrodin. Selanjutnya, komisi III akan melakukan pendalaman terhadap visi dan misi Badrodin pada 16 dan 17 April melalui sesi tanya jawab di DPR yang dipungkasi dengan pleno komisi.

BACA JUGA: Panggil Ahok dan Ketua DPRD DKI ke Istana, Ini Tiga Putusan Presiden

Nah, bila paripurna dipercepat sebelum tanggal 20 April, kemungkinan dilakukan Jumat (17/4) atau setelah pleno komisi III. "Setelah itu kemudian presiden segera melantik atau tidak melantik. Saya setuju karena ini konsennya keamanan nasional dan pengamanan tamu-tamu, dipercepat saja," jelasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Brimob Terjunkan Penembak Jitu untuk Amankan KAA

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabes Polri Tunda Gelar Perkara Kasus Budi Gunawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler