Indonesia Minta OKI Berperan Nyata Membantu Etnis Rohingya

Senin, 11 September 2017 – 22:09 WIB
Sejak pekan lalu, sudah puluhan ribu etnis Rohingya mengungsi dari Negara Bagian Rakhine. Foto: AP

jpnn.com - Pemerintah Indonesia mendorong Organisasi Kerjasama Islam untuk bekerja sama dalam mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar.

Seperti diketahui, etnis Rohingya yang menjadi sasaran persekusi di wilayah tersebut mayoritas adalah muslim.

BACA JUGA: DPD Tak Ingin Konflik Rohingya Jadi Masalah Transnasional

OKI, yang sebagian besar anggotanya adalah negara Timur Tengah dan Afrika, harus melakukan pendekatan konstruktif dan mengedepankan bantuan nyata bagi seluruh penduduk Rakhine.

"Serta membantu seluruh pihak di Myanmar untuk menyelesaikan root causes dari situasi yang dialami kelompok Rohingya tersebut." Demikian sepenggal keterangan pers yang diterima JPNN, Senin (11/9).

Terkait hal ini, Indonesia mendorong OKI untuk menerima usulan strategi pendekatan “4+1” yang sempat diusulkan Menlu Retno Marsudi kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi.

Strategi 4+1 tersebut terdiri dari: (1) mengembalikan stabilitas dan keamanan; (2) menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan; (3) perlindungan kepada semua orang yang berada di Rakhine State, tanpa memandang suku dan agama; dan (4) pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan kemanusiaan ditambah satu elemen lainnya adalah pentingnya agar rekomendasi Laporan Komisi Penasehat untuk Rakhine State yang dipimpin oleh Kofi Annan dapat segera diimplementasikan.

Berbagai usulan Indonesia tersebut pada akhirnya telah dimuat dalam dokumen berjudul OIC Chairman’s Summary Report of the Meeting of Heads of State and Government on the Rohingya Muslim Community in Myanmar.

BACA JUGA: UNHCR Desak Myanmar Beri Kewarganegaraan ke Warga Rohingya

Dokumen tersebut disahkan anggota OKI di sela-sela berlangsungnya KTT Pertama mengenai Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi, di Astana, Kazakhstan, 10-11 September 2017.

Selain memuat berbagai usulan Indonesia tersebut di atas, dokumen yang awalnya digagas oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an, selaku ketua OKI periode 2016-2019, juga telah memuat berbagai posisi negara-negara anggota mengenai situasi yang dialami oleh kelompok Rohingya di Rakhine State, Myanmar. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Komisi HAM PBB Sudah Geregetan pada Aksi Militer Myanmar

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Ajak Negara OKI Majukan Peran Islam dalam Iptek


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler