Indopol Survey: Pasangan Yusuf-Ulfiyah Berpeluang Menang di Pilkada Situbondo

Rabu, 11 September 2024 – 21:01 WIB
Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto. Foto: source for JPNN

jpnn.com - Hasil survei Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) memperlihatkan keunggulan pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah menjelang Pilkada Situbondo 2024.

Dalam hasil survei Indopol Survey yang dirilis pada Rabu (11/9/2024), tercatat elektabilitas pasangan Yusuf-Ulfiyah unggul pada pertanyaan top of mind.

BACA JUGA: Calon Tunggal Kalah Pilkada Sebaiknya Tak Ikut Pemilihan Ulang

"Pasangan Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah unggul yakni sebesar 37,80 persen," kata Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto melalui siaran pers.

Sementara, pasangan calon petahana Karna Suswandi-Khoirani sebesar 32,20 persen. Adapun responden yang belum menentukan pilihan sebesar 30,0 persen.

BACA JUGA: Ayuk Findi Antika yang Racuni Tetangga dengan Kopi Sianida Divonis 18 Tahun Penjara

Menurut Ratno angka survei ini menunjukkan bahwa adanya perlawan yang dilakukan oleh pasangan calon Yusuf Rio Wahyu Prayoga dan Ulfiyah unggul sebagai penantang.

Namun, karena ada cukup besar responden yang belum menentukan pilihan (30,0 persen), maka kondisi politik menjelang pilkada Kabupaten Situbondo masih cukup dinamis.

BACA JUGA: Pj Gubernur Bali Prihatin Warganya Pemelihara Landak Jawa Diseret ke Pengadilan

"Gap antar-pasangan calon sebesar 5.6 persen mendekati rentang margin of error (lebih kurang 4.9 persen)," ucapnya.

Untuk pertanyaan tertutup, katanya, lagi-lagi pasangan Yusuf-Ulfiyah unggul dibandingkan bupati – wakil bupati petahana, yakni sebesar 41,8 persen.

"Pasangan calon Karna Suswandi dan Khoirani sebesar 37,0 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebesar 21.2 persen," terangnya.

Survei Indopol Survey ini dilakukan di Kabupaten Situbondo melalui wawancara tatap muka pada 30 Agustus-4 September 2024, dengan jumlah responden 400 orang warga Situbondo yang berusia 17 tahun atau yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2024.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dan dilakukan quality control secara berlapis, agar tidak ada kesalahan yang berarti dalam pengambilan sampel. Adapun margin of error lebih kurang 4,9 persen dengan selang kepercayaan sebesar 95 persen.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler