Industri Kerajinan dan Kreatif Jadi Penopang Ekonomi

Rabu, 26 April 2017 – 18:42 WIB
Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meyakini, industri kerajinan dan kreatif akan membawa peranan penting dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Sebab, perkembangan industri kerajinan dan kreatif nasional bervariasi serta tumbuh secara menakjubkan.

BACA JUGA: Begini Respons Jokowi Soal Kasus BLBI

"Saya meyakini bahwa masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan dan industri kreatif. Ini saya yakini," ujar Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4).

Menurut dia, Indonesia memiliki banyak perajin kecil dan besar yang dapat menghasilkan karya-karya berkualitas internasional.

BACA JUGA: Mitsubishi Tambah Kapasitas 160 Ribu Unit Per Tahun

"Mulai kerajinan tangan, film, musik, ada aplikasi digital. Modelnya banyak yang unik karena dikerjakan oleh tangan dan kualitasnya sudah berada pada sebuah standar yang sangat baik," ujar mantan wali kota Surakarta itu.

Namun, usaha di sektor industri kerajinan dan industri kreatif bukan tanpa kendala. Tantangan yang dihadapi para pengusaha adalah soal promosi dan pemasaran.

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan BUMN Berani Jualan Tol

Karenanya, Jokowi mengajak para perajin dan pengusaha untuk terus berinovasi dalam menggencarkan promosi.

 Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menjangkau pembeli.

"Kita harus jemput bola kepada pembeli, jangan justru menunggu pembeli datang menemukan kita. Apalagi interaksi dengan pembeli jauh lebih mudah sekarang ini dengan adanya internet, bisa pakai e-dagang, e-commerce, pakai online store, pakai web," sebut Jokowi. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PAN Tak Akan Recoki Jokowi soal Reshuffle


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
industri   Jokowi  

Terpopuler