Inggris Vs Italia, Duel Tim Sepuh

Sabtu, 14 Juni 2014 – 06:45 WIB
Inggris Vs Italia, Duel Tim Sepuh . Getty Images

MANAUS – Pertarungan dua tim uzur, begitu kiranya laga ini disebut. Bukan karena persoalan pemain-pemain yang ada di dalamnya adalah pemain tua, tetapi karena kedua tim yang dianggap terlalu tua dan tak bertenaga untuk bisa berkuasa di Piala Dunia kali ini.
 
Namun, Inggris sedikit lebih unggul dalam ukuran usia karena proses regenerasi yang berjalan mulus. Nama-nama pemain muda Inggris yang diikut sertakan Roy Hodgson merupakan sosok potensial saat tampil bersama klub di ajang Liga Inggris. Hal ini berbanding terbalik dengan Italia yang kesulitan menelurkan pemain muda berbakat.

Untuk posisi penjaga gawang, Italia bahkan seperti kehilangan sentuhan untuk melahirkan kesatria penangkap bola. Gianluigi Buffon yang sudah tak sesigap dan secakap dulu, tetap menjadi pilihan utama. Selain masih menguasai grafis penampilan penjaga gawang terbaik di Italia, tak ada lagi sosok penjaga gawang yang punya ketangkasan sepertinya.
 
Selain Buffon, ada juga sosok Andre Pirlo sebagai dirijen lapangan tengah Gli Azzuri, julukan Italia. Di antara teman-teman seangkatannya, Pirlo adalah satu-satunya yang masih bisa mempertahankan konsistensi permainannya. Dalam data Whoscored bahkan disebutkan gelandang Juventus itu masih menempati posisi pertama Seri A yang menduduki pengumpan paling akurat dengan nilai 7,54.

BACA JUGA: Roy Hodgson Kaget Belanda Hajar Spanyol 5-1

“Saya masih lapar,” ungkap Buffon.

“Akan sulit bagi kami untuk bisa menumbangkan lawan, akan tetapi lawn kami juga harus bekerja keras untuk bisa mengalahkan kami. Saya pastikan tim ini solid, terorganisir dan punya daya letup,” ungkap Buffon dilansir AFP.

BACA JUGA: Chili Unggul Sementara 2-1 Atas Australia

Masalahnya, Inggris punya barisan pemain pelari cepat seperti Adam Lallan, Wayne Rooney, Daniel Strurridge juga Danny Welbeck. Sedang barisan belakang Italia tak punya barisan pelari yang benar-benar handal. Gaya main Inggris yang menerapkan bola-bola panjang nan cepat ini akan sulit dihadapi Giorgio Chiellini dan kawan-kawan yang hanya punya kekuatan jebakan off side.
 
“Kami pemain muda yang bersinar dan ingin memberikan cahaya terang pada Inggris yang haus gelar. Kami merasa nyaman dengan Roy Hodgson dan kami akan membuktikan diri bahwa kami bisa bersinar di Brasil,” ungkap pemain belakang muda Inggris Phil Jones dilansir The Independent.  

Hodgson pun menegaskan, Italia punya banyak kelemahan yang bisa ia eksplorasi. Apalagi, dalam tiga laga percobaan Italia dalam persiapan menuju Brasil tak ada hasil yang memukau. Anak asuh Marcello Lippi itu dua kali ditahan imbang tim-tim papan tengah Eropa yaitu Luksembrugo dan Republik Irlandia.  

BACA JUGA: 15 Menit, Chili Bobol Gawang Australia Dua Kali

“Kami menghormati Italia, tetapi mereka punya kelemahan,” jelas Hodgson. “Intinya kami (Inggris) sebagai pioner sepak bola punya tujuan yang jelas dan inilah yang membuat kami selalu ingin mencetak gol,” jelas mantan pelatih Liverpool itu.  

Rooney yang saat ini menjadi pemain tersubur Inggris dengan torehan 39 gol dari 92 laga akan jadi tumpuan. Kecepatan dan kemampuan penyerang Manchester United itu memcari ruang dipercaya akan jadi kunci bagi kemenangan Inggris. “Ia (Rooney) pemain yang mampu membangkitkan semangat tim,” sambungnya. (abd)
 
Perkiraan Pemain

Inggris (4-2-3-1) : Joe Hart (pg); Glen Johnson, Phil Jagielka, Gary Cahill, Leighton Baines; Steven Gerard, Jordan Handerson; Adam Lallana, Danny Welbeck, Wayne Rooney; Daniel Sturridge.

Italia (4-3-1-2) : Gianluigi Buffon (pg); Ignazio Abate, Abdrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Mattia de Sciglio; Claudio Marchisio; Andrea Pirlo, Daniele de Rossi; Marco Verratti; Mario Balotelli, Alessio Cerci.

BACA ARTIKEL LAINNYA... RVP: Kami Memang Lapar Kemenangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler