Ingin Kadar Kolesterol Tetap Terkendali, Lakukan Saja 6 Trik Jitu Ini

Senin, 27 Juni 2022 – 05:25 WIB
Ilustrasi olahraga. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda memiliki kolesterol tinggi? Kolesterol yang meningkat terlalu tinggi bisa membuat penderitanya merasakan beberapa hal.

Kadar kolesterol yang meningkat tajam ditandai dengan nyeri dada, tubuh mudah lelah, tengkuk sangat pegal dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Ramuan Alami yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi berarti memiliki zat lemak berlebihan yang disebut kolesterol dalam darah.

Kelebihan berat badan, kurang berolahraga, mengonsumsi makanan berlemak, menjalani gaya hidup yang kurang gerak, serta merokok dan minum minuman keras menyebabkan kolesterol tinggi.

BACA JUGA: 3 Ramuan Alami Bakalan Bikin Kolesterol Tinggi Langsung Ambyar

Jadi, jika Anda khawatir tentang kolesterol tinggi dan mencari cara untuk menyembuhkannya, ingatlah bahwa diet harian kita memainkan peran penting dalam mengendalikan kolesterol dan menjaga tujuan kesehatan.

Anda bisa secara efektif mencegah kolesterol tinggi dengan memasukkan pola makan yang baik dan olahraga teratur untuk menjaga berat badan dan gaya hidup yang sehat.

BACA JUGA: 5 Makanan Sehat Ini Ramah untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman India.

https://www.india.com/health/6-ways-to-control-your-cholesterol-levels-naturally-5446645/?fbclid=IwAR2N30YIP9Qh5kugDORQ7RN3n8kOABuKIfwqWzs8D7vdmy9sCJwmSC4YOlM.

1. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal

Tidak seperti lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat, lemak tak jenuh tunggal hanya memiliki satu ikatan rangkap yang efektif menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Lemak ini sehat karena meningkatkan HDL dan menurunkan LDL dan oksidasi.

Lemak tak jenuh tunggal memberikan nutrisi untuk membantu mengembangkan sel-sel tubuh kita.

Lemak tak jenuh tunggal terdapat dalam kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, hazelnut, pecan, dan makadamia, alpukat dan lainnya.

2. Mengonsumsi asam lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 menawarkan manfaat kesehatan yang kuat bagi tubuh dan otak kita.

Jadi, asupan asam lemak Omega-3 sangat penting untuk mencegah penyakit jantung dan stroke serta mengendalikan lupus, eksim, dan rheumatoid arthritis.

Lemak omega-3 bertindak sebagai lapisan pelindung terhadap kanker dan kondisi lainnya.

Lemak esensial ini melawan kecemasan dan depresi, secara signifikan meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi gejala sindrom metabolik seperti obesitas sentral (lemak perut), tekanan darah tinggi, resistensi insulin, melawan peradangan, dan trigliserida tinggi.

3. Menambahkan serat larut ke dalam makanan

Sumber terbaik makanan kaya serat larut adalah gandum, kacang kering, dedak gandum, dedak padi, barley, dan biji-bijian.

Serat larut juga terdapat dalam buah-buahan dan sayuran seperti pisang, apel, stroberi, buah jeruk, kentang, kacang polong, kacang-kacangan.

Makanan seperti itu mengurangi kemampuan tubuh kita untuk menyerap lemak, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta menghilangkan risiko penyakit jantung.

Dengan memasukkan serat larut dalam makanan kita sehari-hari, Anda bisa mengatasi sembelit, meningkatkan bakteri usus sehat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung pencernaan yang lebih baik.

4. Memilih pola makan nabati

Berbeda dengan makanan yang tidak sehat dan diproses, pola makan nabati bebas kolesterol. Diet ini kaya akan serat larut dan sangat rendah lemak jenuh.

5. Olahraga

Yang terpenting, tubuh kita tidak bisa bertahan hidup hanya dengan konsumsi makanan yang sehat.

Anda perlu memasukkan rutinitas latihan yang kuat (termasuk latihan aerobik dan resistensi) ke dalam kehidupan sehari-hari.

Olahraga membantu kita membangun dan mempertahankan metabolisme yang solid, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan mental.

Rutinitas olahraga seperti bersepeda, yoga, jogging, berenang, jalan cepat, lari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, olahraga setiap hari menghilangkan stres yang berlebihan dengan memberi kita pikiran positif.

6. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Manfaat berhenti minum alkohol tidak ada habisnya. Ini meningkatkan penurunan berat badan, meningkatkan memori dan fungsi hati, tidur nyenyak, meningkatkan kesehatan jantung, suasana hati yang seimbang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh mulai pulih ketika kita berhenti merokok karena mengurangi tekanan darah dan meminimalkan kemungkinan kanker paru-paru, stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, berhenti merokok memberikan manfaat langsung dan jangka panjang bagi kadar kolesterol kita.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler