Ingin Samai Paus Fransiskus, Jokowi Bakal Naik Kendaraan yang Persis

Kamis, 05 September 2024 – 14:04 WIB
Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/Presidential Communication Office (PCO) Hasan Nasbi memberi keterangan pers di Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (22/8/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix untuk kembali bertemu Paus Fransiskus, sebelum penyelenggaraan acara Misa Akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9).

Jokowi disebut ingin mencari persamaan sekaligus memberikan penghormatan terhadap pemimpin umat Katolik itu.

BACA JUGA: Kantong Parkir di Jakarta Timur Mulai Dipenuhi Bus Jemaat Misa Akbar Paus Fransiskus

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan langkah Presiden menggunakan Toyota Innova Zenix layaknya kendaraan yang ditumpangi Paus Fransiskus selama kunjungan di Indonesia, merupakan bentuk penghormatan.

"Itu bentuk penghormatan," kata Hasan Nasbi melalui pesan singkat di Jakarta.

BACA JUGA: Guru Muslimah Asal Buton Menangis Terharu bisa Berhadapan Langsung dengan Paus Fransiskus

Dia mengatakan bahwa sejatinya Jokowi pada kesempatan sebelumnya juga sudah sering menggunakan kendaraan tersebut untuk kegiatan-kegiatan pribadi.

Namun dalam konteks bertemu Paus, menurutnya penggunaan mobil yang serupa dengan yang ditumpangi Paus, merupakan sesuatu yang wajar.

BACA JUGA: Umat Kristiani di Indonesia Punya Sejumlah Harapan yang Ingin Disampaikan Kepada Sri Paus

"Kalau datang menghadiri misa Paus (menemui Paus sebelum Misa Akbar) dengan kendaraan itu juga wajar, sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama. Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi," kata dia.

Hasan mengatakan sama halnya seperti ketika Jokowi menghadiri acara partai, di mana Kepala Negara hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut.

"Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," jelasnya.

Sebelumnya Jokowi menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix seusai menerima Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9). Mobil tersebut merupakan kendaraan jenis sama dengan yang digunakan Paus Fransiskus selama kunjungan di Indonesia.

Langkah Jokowi menggunakan Toyota Innova Zenix menyita perhatian publik, karena itu bukan kendaraan dinas resmi yang biasa digunakan Presiden.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin mengatakan penggantian kendaraan oleh presiden merupakan hal yang biasa, utamanya dalam kegiatan yang bersifat incognito atau penyamaran. Achiruddin juga mengungkapkan Jokowi akan menggunakan kendaraan yang sama dalam kegiatan Kamis hari ini.

"Besok (Kamis hari ini) pun beliau akan gunakan mobil tersebut. Sebenarnya itu hal biasa karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (penyamaran), beliau sering menggunakan kendaraan Innova," jelas Achiruddin. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Serukan Pesan Persaudaraan, Keadilan Sosial, dan Toleransi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler