Ini 7 Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Terbaik

Rabu, 20 Januari 2021 – 15:30 WIB
Bayam mengandung zat besi dan bisa menghilangkan racun dalam tubuh. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - TUBUH sangat membutuhkan makanan yang mengandung zat besi. Mulai dari mengatasi masalah anemia hingga berperan untuk meningkatkan energi.

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Emosi saat Jokowi Datang, Ditangkap karena Cinta Ulama, Ada Peringatan dari BMKG

Karenanya, rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi menjadi salah satu cara agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Tubuh yang mengalami defisiensi zat besi (kekurangan zat besi) bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

BACA JUGA: Kaya Akan Zat Besi, Ini 8 Manfaat Kismis untuk Kesehatan

Berikut ini daftar makanan yang mengandung zat besi. Sebagai langkah pencegahan untuk mengurangi risiko yang bisa saja terjadi karena kurangnya asupan zat besi, maka kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang kaya.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian:

BACA JUGA: 7 Buah Lezat Ini Kaya Akan Zat Besi

1. Daging merah

Jenis makanan yang satu ini bisa jadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi. Bukan hanya zat besi saja, kamu juga akan mendapatkan banyak nutrisi penting lainnya.

Seperti asam amino, seng (zinc) dan vitamin B12. Satu potong daging sapi bebas lemak seberat 3 ons mengandung zat besi sekitar 2,5 mg.

Tapi, perlu diperhatikan, jika daging merah sebagian besar mengandung kolesterol. Karenanya, tetap perlu dijaga asupan kolesterol dalam tubuh.

2. Kacang merah

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical menyebutkan jika mengonsumsi kacang merah dalam jumlah yang cukup bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Bukan hanya itu, konsumsi kacang merah 2,5 porsi setiap hari ternyata juga mampu membuat asupan zat besi di dalam tubuh meningkat.

3. Sayuran hijau

Selain kacang merah dan daging, sayuran hijau ternyata juga merupakan makanan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Sebut saja seperti bayam, brokoli, dan sawi hijau sangat baik untuk konsumsi harian demi memenuhi kebutuhan zat besi tubuh.

Agar kandungan nutrisinya tidak hilang, kamu bisa pengolahannya dengan direbus atau dikukus.

Setengah porsi sayuran hijau seperti bayam yang telah dimasak mengandung 21 kalori dan zat besi sekitar 3 mg. Bukan hanya zat besi saja, bayam juga kaya akan kandungan nutrisi lainnya.

Seperti serat, potassium, kalsium, protein, folat, hingga vitamin A, vitamin C, juga vitamin K yang sangat diperlukan tubuh.

4. Kacang kedelai

Selain itu, kamu juga bisa memilih alternatif yang lebih terjangkau dengan mengonsumsi kacang kedelai. Dalam 100 gram kacang kedelai terdapat kandungan zat besi yang tidak kurang dari 13 mg. Cukup banyak, bukan?

Nah, untuk menikmati kacang kedelai dengan berbagai cara. Apalagi, banyak olahan dari kacang kedelai yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita, seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lain sebagainya.

5. Dark chocolate

Tahukah kamu jika dark chocolate ternyata mengandung zat besi hingga 3,4 mg per 1 ons? Selain mencukupi kebutuhan zat besi harian, mengonsumsi dark chocolate juga mampu menaikkan mood jadi lebih bagus dan ceria.

6. Seafood

Selain kaya akan kandungan asam lemak omega-3, ternyata seafood juga cukup kaya akan kandungan zat besi. Kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi ikan sarden dan kerang. 

Namun, tidak seperti makanan lainnya, seafood tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, seafood memang tinggi kandungan kolesterolnya.

7. Oatmeal

Sarapan pagi dengan semangkuk oatmeal mampu memberikan tubuh asupan zat besi sekitar 3,5 mg. Ditambah lagi, menurut penelitian American Heart Association, oatmeal yang kaya akan serat ini juga sangat baik untuk menurunkan risiko masalah pada organ jantung, obesitas, hingga diabetes tipe 2.

Nah, itulah tadi beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita.

Mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin dan seimbang akan membantu tubuh kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Jangan lupa, agar manfaat dari makanan yang kaya zat besi tadi lebih maksimal, imbangi juga dengan rutin berolahraga, ya.

Nah, agar kebutuhan zat besi kamu seimbang, khususnya untuk ibu hamil, menyusui, dan lanjut usia, kamu bisa mengonsumsi suplemen zat besi seperti Ferospat dari Pyfa Health.

Ferospat adalah suplemen yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan defisiensi zat besi (mencegah anemia), terutama pada ibu hamil dan menyusui, yang dikemas dalam bentuk tablet effervescent. (flo/jpnn)

 

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler