Ini Beberapa Alasan Mengapa Anda Belum juga Hamil

Selasa, 08 September 2015 – 14:40 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JIKA Anda sudah lama menjalani kehidupan berumah tangga, tanpa mendapatkan momongan satu pun, Anda mungkin terus bertanya-tanya. Apa yang salah? Apa sebabnya?

Kehamilan adalah sesuatu yang membutuhkan proses. Jadi ada usaha dan rencana untuk mendapatkannya. Faktor paling memengaruhi adalah kesehatan reproduksi. 

BACA JUGA: Pasangan yang Melakukan Hal Ini Bersama Terbukti Lebih Bahagia

Bila pasangan suami istri tidak bisa mendapatkan buah hati, hal pertama yang perlu dipertanyakan adalah kesehatan suami dan juga istri. (fny/jpnn)

Hal yang Memengaruhi Peluang Anda Hamil.

BACA JUGA: PENTING! Ini 9 Tips supaya Tak Dikejar-Kejar Komodo

1. Menunda

Alasan yang paling umum adalah menunda kehamilan yang banyak dilakukan oleh kaum perempuan karena alasan fokus pada karier atau keluarga atau masalah pribadi lainnya.

BACA JUGA: Hei Cowok, Rawatlah Mr. P Anda dengan Mengenali Lima Hal Ini

2. Kerusakan pada saluran tuba

Ini adalah akar penyebab infertilitas pada hampir 30 persen kasus pada wanita. Ketika saluran tuba rusak, mereka mencegah sperma membuahi telur sehingga menyebabkan kemandulan.

3. Aneamic atau hemoglobin rendah

Studi telah menemukan bahwa wanita yang tidak mendapatkan jumlah yang cukup dari zat besi bisa menderita kekurangan ovulasi, kondisi yang disebut anovulasi. Hal ini menyebabkan sel telur tidak sehat yang bisa menghambat kehamilan hingga 60 persen.

4. Masalah tiroid

Hypothyroidism dikaitkan dengan berbagai gangguan reproduksi, dari perkembangan seksual normal hingga ketidakteraturan menstruasi dan infertilitas. Banyak penelitian telah menunjukkan prevalensi autoimunitas tiroid pada pasien dengan infertilitas.

5. Endometriosis

30 persen hingga 50 persen wanita dengan endometriosis mungkin mengalami infertilitas. Terapi medis sebelum upaya konsepsi bisa membantu mengobati masalah ini.

6. Gunakan pelumas

Menggunakan pelumas bisa mengurangi mobilitas sperma dan transfer.

"Pelumas berbasis air sering mengandung gliserin (yang telah terbukti menjadi racun bagi sperma) dan propilen glikol yang bisa menyebabkan kerusakan permanen sperma dan kerugian dalam motilitas setelah terpapar pelumas komersial. Kerusakan sperma dan ketidakmampuan sperma untuk menembus ke dalam leher rahim setelah kontak dengan pelumas bisa mencegah pembuahan pada beberapa pasangan," kata fisiolog, Joanna Ellington, seperti dilansir laman India Times, Senin (7/9).

7. Infertilitas pada pria

Sekitar satu dari lima permasalahan pasangan infertil ternyata terletak pada pria. Diperkirakan bahwa satu dari 20 orang memiliki beberapa jenis masalah kesuburan ternyata memiliki jumlah sperma yang rendah dalam ejakulasi nya.

8. Pilihan gaya hidup yang buruk

Diet dan gizi buruk adalah alasan lain untuk infertilitas pada pria dan wanita

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mitos Mengejutkan Tentang Obesitas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler