Ini Cara Menteri Marwan Percepat Penyaluran Dana Desa

Kamis, 10 September 2015 – 23:26 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) dengan mengundang sejumlah kepala daerah, Kamis (10/9).

 

Tujuannya, untuk memercepat penyaluran dana desa setelah sebelumnya terjadi pelambatan penyaluran ke rekening desa. Padahal, pemerintah pusat telah mengucurkan dana desa ke sejumlah rekening pemerintah kabupaten/kota.

BACA JUGA: Pengusaha Pelayaran Tolak Kebijakan BI soal Transaksi Pakai Rupiah

"Yang kami lakukan hari ini dalam rangka mempercepat penyaluran dana desa. Meskipun sebenarnya kewenangan Kementerian Desa adalah menetapkan prioritas penggunaan dana desa," ujar Marwan di sela-sela Rakornas Percepatan Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di kantornya, Kamis.

BACA JUGA: PAN Merapat ke Jokowi, Sutrisno Bachir Dapat Posisi

"Selebihnya itu adalah tugas Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan," tambahnya.

Menurut Marwan, para kepala daerah diharapkan dapat segera menyalurkan dana desa. Sehingga membantu menggerakkan ekonomi pedesaan sesuai paket ekonomi yang telah diumumkan Presiden Jokowi pada Rabu (9/9).

BACA JUGA: Kepada DPR, Menteri Rini Buka Kronologi Pembicaraan dengan Kapolri

"Dengan langkah kali ini, diharapkan tidak ada masalah lagi dalam penyaluran. Karena intinya kami menangkap pesan tentang paket kebijakan ekonomi Presiden, harus melindungi masyarakat paling bawah yaitu masyarakat pedesaan," ujarnya. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP: Jokowi Turun Bagi Sembako Bukan Pencitraan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler