Ini Cara Rio Haryanto Mengenal Sirkuit Melbourne

Selasa, 15 Maret 2016 – 14:46 WIB
Rio Haryanto (tengah) saat sungkem ke Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (14/3). Tampak juga di samping Rio, Menpora Imam Nahrawi dengan penampilan barunya. Foto: M. Amjad/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA- Pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto, mengaku belum pernah sekalipun membalap di Melbourne Grand Prix Circuit, Albert Park, Melbourne, Australia. 

Untuk memudahkan langkahnya melakoni debut, Rio bakal menghabiskan waktu untuk mempelajari sirkuit tersebut.

BACA JUGA: Rio Haryanto Dikritik, Rekan Setim Bela Mati-matian

Selasa (15/3) hari ini, Rio sudah berada di Melbourne. Selain adaptasi dengan cuaca, iklim, dan settingan, Rio juga harus terus menyiapkan kemampuan personalnya. 

"Untuk urusan teknis, tim yang atur. Strategi mereka yang siapkan, soal ban, dan pitstop, saya tak bisa berikan jawaban, yang terpenting saya siapkan diri saya‎," ucap Rio.

BACA JUGA: Tiba di Melbourne, Rio Haryanto Dapat Sinyal Bagus

Karena belum pernah membalap di Albert Park, mau tak mau pembalap asal Solo, Jawa Tengah itu harus mau lelah. Dia mengaku bisa menghabiskan waktu ber jam-jam untuk sekadar menghafalkan sirkuit.

Caranya? Rio mempelajari sirkuit dari simulator sirkuit. Kemudian, dia juga menonton on board video tim Manor Racing yang membalap pada musim lalu. 

BACA JUGA: Bagaimana Red Bull, McLaren, Haas dan Manor?

"Saya mempelajari itu semua biar dapat suasana sirkuitnya. Saya pelajari di mana saya harus mengerem, jadi saya tahu braking point (titik pengereman), line untuk belok yang tepat, jalur membalapnya, kemudian perpindahan gigi harus di mana, itu saya pelajari semua dari simulator dan video-video," tuturnya.

Karena itulah, Rio yakin dirinya akan bisa berbuat banyak, kalau mau berusaha keras bersaing untuk bisa tampil lebih baik lagi. Dia merasa, saat ini tak ada beban dan berusaha untuk membalap seperti biasanya saja. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Awas Diganggu Williams dan Force India


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler