Ini Dia Produk Andalan Ekspor Chile ke Indonesia

Selasa, 01 September 2015 – 21:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Chile adalah negara Amerika latin yang hanya berpenduduk 18 juta jiwa. Tapi negara itu telah menjadi salah satu stakeholder yang paling penting dalam industri makanan di dunia. 

Bahkan, Chile dikenal telah berhasil membangun negaranya sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia dengan kontribusi sektor makanan lebih dari 10 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

BACA JUGA: KPPU Punya Jurus bikin Kartel Jera

Semua prestasi ini karena komitmen sektor publik dan swasta Chili yang telah berhasil memposisikan negaranya sebagai pemasok terpercaya makanan dengan lima keunggulan dari para pesaingnya. 

Kelima unggulan itu adalah kualitasnya terjamin, tak berbahaya, jelas asal-usulnya, bergaransi internasional, dan rasanya alami. 

BACA JUGA: Cegah PHK, Pemerintah Disarankan Bebaskan Pengusaha dari Pajak

Kebanyakan produk tradisional Chile ini oleh perusahaan-perusahaan Chile dilakukan inovasi untuk menambah nilai ekspornya.

“Chile menargetkan akan menjadi masuk dalam top 10 eksportir di sektor makanan ini pada tahun 2020,” kata Duta Besar (Dubes) Chile untuk Indonesia Eduardo Ruiz Asmussen di Jakarta, hari ini.

BACA JUGA: Transmigrasi Solusi Atasi Kemiskinan, Menteri Ini Puji Cara Orba

Nah apa saja produk sektor makanan yang menjadi andalan ekspor Chile? Eduardo pun menjelaskan, beberapa diantaranya adalah blueberry, anggur, plum, apel kering, salmon Pasifik, alpukat, ceri segar, raspberry beku  dan masih banyak lagi.

Dia lantas menerangkan, pada tahun tahun 2014, total ekspor makanan dari Chile mencapai USD 16,2 miliar dari total ekspor Chile pada tahun itu mencapai USD 75,6 miliar. 

Tujuan utama ekspor mereka adalah  Amerika Serikat, Jepang dan Tiongkok. 

Jika dilihat berdasarkan benua, ekspor terbesar Chile itu adalah Asia, Oceania dan Timur tengah.

Hal itu disampai Eduardo pada kegiatan event “Flavor of Chile” di Hotel Grand Hyatt, Jakarta yang digelar sejak  30 Agustus sampai dengan hari ini (1/9). 

Terkait hubungan dagang dengan Indonesia, menurut Dubes Eduardo Ruiz Asmussen, selama 2014, ekspor barang dari Chile yang ditujukan untuk pasar Indonesia mencapai USD 211 juta atau setara Rp 91,6 miliar. 

Beberapa barang ekspor yang banyak ditujukan ke Indonesia adalah salmon atlantik beku, anggur segar, minyak ikan, anggur botol, dan buah berry beku, jenis minyak lain dan produk derivasinya.

Sementara itu Direktur Departemen Ekonomi Chile di Indonesia Juan Enrique Moya mengatakan, Chile memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif yang memungkinkan untuk menghasilkan makanan yang berkualitas dibandingkan para pesaingnya. 

"Semua faktor ini membuat Chili pemasok yang dapat diandalkan makanan yang aman dan berkualitas," kata Juan Enrique Moya.

Kualitas pasokan makanan yang diproduksi di Chili telah mendapat pengakuan yang luar biasa menurut Indeks Keamanan Pangan Dunia 2014 dari The Economist Intelligence Unit, yang menempatkan negara ini sebagai leader di Amerika Latin. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kata Pejabat Ini, Waduk Jatigede Akan Tingkatkan Panen Petani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler