Ini Keputusan Rapat Gabungan Bahas Honorer K2

Senin, 23 Juli 2018 – 16:41 WIB
MenPAN-RB Asman Abnur. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Asman Abnur mengatakan persoalan honorer K2 (katagori dua) adalah masalah lama.

"Persoalan ini bukan hanya baru tahun ini saja. Ingat ya persoalan K2 ini persoalan yang sudah lama," kata Asman usai rapat gabungan tertutup dengan tujuh komisi DPR di Senayan Jakarta, Senin (23/7).

BACA JUGA: Waduh, Hanya 13.347 Honorer K2 yang Memenuhi Syarat

Dia mengatakan mulai 2015 hingga 2012 sebenarnya sudah ada solusi dari pemerintah sebelumnya terkait persoalan honorer K2 ini. "Ternyata solusi itu tidak bisa menyelesaikan masalah," katanya.

Malahan, ujar Asman, solusi dari pemerintah sebelumnya masih menyisakan masalah. Hal itu terbukti karena masih ada sekitar 430 ribu honorer yang merupakan bagian dari honorer K2 yang tidak diselesaikan.

BACA JUGA: Honorer K2 Berharap Ada Kabar Gembira dari Senayan

Makanya, Asman mengatakan, dalam rapat yang dilakukan bersama seluruh kementerian, pimpinan DPR dan komisi-komisi di parlemen, disepakati untuk diselesaikan secara bertahap.

BACA JUGA: Yakin Raker Gabungan tak Bisa Selesaikan Masalah Honorer K2

"Kami sepakat secara bertahap ya bertahap. Tentu tidak melanggar undang-undang. Nah kami akan menyelesaikan permasalahan ini secara politis, sudah kita sepakati," katanya.

Dia mengatakan, secara teknis KemenPAN dan RB akan melakukan verifikasi dan validasi data honorer K2 . Sehingga nanti jangan terjadi lagi terjadi penggelembungan data seperti tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Yakin Raker Gabungan tak Bisa Selesaikan Masalah Honorer K2

"Maka dari itu tadi sudah sepakat dengan tahapan-tahapan yang tentu sesuai dengan kemampuan keuangan negara. Mudah-mudahan dengan ada kesepakatan ini nanti saya bisa menyusun langkah-langkah teknisnya dengan keputusan menkeu," katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wali Kota Cantik Curhat ke Jokowi soal CPNS dan Honorer


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler