Ini Manfaat Kacang Bagi Kesehatan

Selasa, 27 Januari 2015 – 12:39 WIB
foto: fox news

jpnn.com - Kacang mengandung banyak gizi dan rendah kalori sehingga bagus untuk tubuh. Karena itu, Anda boleh mengonsumsi kacang-kacangan dari berbagai varian yang memiliki banyak manfaat.

Kacang polong, misalnya. Jenis kacang ini dapat memenuhi vitamin dan mineral yang ada di dalam tubuh. Sementara, kacang merah dan kedelai berfungsi meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Inilah Cara Jitu Mencegah Kegemukan

" Orang yang makan kacang secara konsisten jarang mengalami perut kembung daripada orang yang jarang mengonsumsinya," kata ahli gizi Cynthia Sass, MPH, RD, seperti dilansir laman Fox News.

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus banyak mengonsumsi banyak kacang. (fny/jpnn)

BACA JUGA: Luapkan Emosi, Balita Tantrum

 

1. Kacang mengandung banyak serat

BACA JUGA: Ini Dia Makanan yang Memerangi Peradangan

Serat membantu tubuh merasa kenyang sehingga Anda tidak perlu makan banyak sepanjang hari. Sementara, pedoman diet merekomendasikan wanita mendapatkan sekitar 25 gram serat sehari. Padahal, rata-rata wanita mengonsumsi hanya 12,1-13,8 gram per hari.

2. Kacang baik untuk pencernaan

Kacang mengandung serat larut dan tidak larut. Sehingga, mereka bekerja ganda untuk menjaga sistem pencernaan anda berjalan lancar. Yang pertama melambat pencernaan, yang memberi Anda perasaan penuh dan yang kedua membantu mencegah sembelit.

Hanya, pastikan untuk minum banyak air yang Anda butuhkan untuk membantu langkah serat melalui saluran pencernaan Anda.

4. Kacang dapat membantu mengatur gula darah

Kacang memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah. Yakni, peringkat makanan berdasarkan bagaimana mereka memengaruhi gula darah yang membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil

Sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine bahkan menemukan, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi secangkir kacang setiap hari selama tiga minggu mampu mempertahankan gula darah dan tekanan darah lebih rendah daripada ketika mereka mulai diet.

5. Kacang dapat membantu menurunkan kolesterol

Tingginya kadar kolesterol LDL (jenis yang buruk) dapat menempel pada dinding pembuluh darah. Hal itu menyebabkan peradangan dan penumpukan plak. Sebuah sistem kardiovaskular yang sehat dimulai dengan apa yang Anda makan. Nah, kacang-kacangan adalah salah satu makanan rendah lemak yang anda inginkan dalam menu makanan Anda.

6. Kacang baik untuk jantung Anda

Diet kaya biji adalah berita baik bagi jantung Anda. " Dengan setiap pengurangan 1 persen dari total kolesterol darah, ada sekitar pengurangan 2 persen dalam risiko serangan jantung," kata Sass.

Lalu ada kandungan serat yang tinggi. Sebuah studi di British Medical Journal melihat hubungan antara asupan serat dan penyakit jantung serta penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan bahwa semakin sering Anda mengonsumsi serat per hari, maka secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar sembilan persen. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelaku Kriminal Rawan Demensia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler