Ini Manfaat Pilkada Tidak Langsung Versi Nurul Arifin

Senin, 08 September 2014 – 20:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Sekretaris Jendral Partai Golkar, Nurul Arifin mengatakan, manfaat pemilihan kepala daerah melalui DPRD bukan cuma penghematan anggaran saja. Menurutnya, mekanisme tersebut juga bisa mendorong figur-figur berkualitas masuk ke partai politik (parpol).

Nurul menjelaskan, dalam pemilihan melalui DPRD otomatis seluruh kandidat harus berasal dari parpol. Karena itu, parpol akan menjadi semakin diminati oleh orang-orang berkualitas yang ingin menjadi kepala daerah. "Saya kira ini bisa menjadi alat rekrutmen partai yang efektif juga," jelas Nurul.

BACA JUGA: Tumpang Tindih, BPKP Lebih Baik Dilebur ke BPK

Di internal partai sendiri, lanjutnya, diyakini Nurul akan semakin meningkat kualitas kaderisasinya. Pasalnya, mereka pasti ingin berlomba-lomba mencetak kader yang handal dan mampu menarik hati masyarakat.

Lebih lanjut Nurul menampik anggapan bahwa pemilihan tidak langsung akan membuat kepala daerah tersandera kepentingan DPRD. Menurutnya, kekhawatiran itu terlalu berlebihan.

BACA JUGA: Laode Sebut KMP Ancang-ancang Pemilu 2019 lewat Pilkada oleh DPRD

"Pressure dari masyarakat juga akan tetap mewarnai model pemerintahan tersebut. Kan kepala daerah menjalankan mandat rakyatnya juga, pengawasan juga bisa dengan berbagai cara," terangnya. (dil/jpnn)

BACA JUGA: Harapkan Jokowi Gunakan Revolusi Mental untuk Sikat Mafia BBM

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhaimin Minta RUU Pilkada Diurus DPR yang Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler