Ini Muka 2 Penculik Gadis di Batang, Tertangkap di Kalbar

Senin, 30 Oktober 2017 – 06:03 WIB
Date dan Bejo diamankan di Polres Kayong Utara sebelum diterbangkan ke Kabupaten Batang, Jateng. Foto: Polisi for RK

jpnn.com, KAYONG UTARA - Dua penculik gadis bawah umur di Klidang Wetan, Kabupaten Batang, Jateng, akhirnya dibekuk polisi.

Keduanya ditangkap di Perumahan Transmigrasi, Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, Sabtu (28/10). Keduanya bernama Date Septiano dan Budi Prasojo alias Bejo.

BACA JUGA: Tak Terima Kakbah Dihina, Remaja Masuk Penjara

"Kita hanya mem-backup tiga anggota Polres Batang yang melakukan pemburuan terhadap pelaku," jelas AKBP Arief Kurniawan, Kapolres Kayong Utara, Minggu (29/10).

Arief menceritakan, sebelum diculik, korban yang bernama Nella Agustin ini memang sudah berkenalan dengan pelaku di Facebook.

BACA JUGA: Cekcok di Facebook, ABG Ditusuk

Mengetahui anaknya diculik, orangtua gadis 16 tahun itu korban membuat laporan ke Polres Batang pada 24 Oktober 2017.

Hasil penyelidikan awal, diketahui korban diculik dua orang. Pelacakan pun berhasil mengendus keberadaan kedua pelaku di Pulau Maya.

BACA JUGA: Ketut Diciduk Lantaran Berpose dengan AK-47 di Facebook

"Setelah anggota Reskrim Polres Batang mendatangi kami, kami koordinasikan dengan pihak Polsek Pulau Maya. Hasil penyelidikan membenarkan keberadaan kedua pelaku bersama korban di Perumahan Transmigrasi, Pulau Maya. Alhamdulillah, mereka berhasil kita amankan,” terang Arief.

Perkara ini sudah diserahkan sepenuhnya ke Polres Batang. Begitu juga kedua pelaku dan korban bersama anggota Polres Batang yang sudah terbang ke Batang untuk menjalani proses selanjutnya.

“Walau kita beda daerah, kita selalu berjasama untuk mengungkap tindak kejahatan. Seperti penculikan anak ini,” ucapnya.

Bercermin dari kasus ini, Arief mengimbau kepada para orangtua agar dapat selalu mengawasi anak dalam berselancar di sosial media. Jangan memberikan kebebasan menggunakan smartphone.

“Sekarang jamannya sudah canggih. Media sosial sudah gencar. Untuk itu diharapkan kepada para orangtua dapat mengawasi anakanya. Kalau bisa awasi mereka. Jangan terlalu bebas bermain sosial media,” imbaunya. (lud)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kongres Akan Buka Iklan Facebook Pesanan Rusia di Pilpres AS


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler