Ini Pesan Menteri Yasonna kepada Peserta Lomba Gerak Jalan Kemenkumham

Minggu, 27 Agustus 2017 – 21:02 WIB
Menkumham Yasonna H Laoly saat menyampaikan sambutan pada lomba gerak jalan Kemenkumham, Minggu (27/8). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan  Laoly mengatakan, perlu adanya kebersamaan yang kuat dan erat agar mampu mengeksploitasi keberagaman budaya demi mempersatukan bangsa. Sebab, katanya, kajian internasional di bidang ekonomi memprediksikan Indonesia pada 20 tahun mendatang akan satu dari 10 negara dengan kekuatan terbesar di dunia.

“Hal itu hanya terwujud kalau kita bersatu padu,” ujarnya saat membuka lomba gerak jalan beregu di jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di lapangan Kantor Kemenkumham, Minggu (27/8).

BACA JUGA: Sistem AHU Online Pikat Pengunjung Jambore Nasional Revolusi Mental

Menkumham menambahkan, menyikapi perbedaan pandangan setiap orang merupakan hal yang sah. Asalkan, katanya, penyikapannya demi kebaikan bangsa dan negara.

Karena itu dia mengharapkan perbedaan tidak dijadikan sebagai alat untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, perbedaan bisa menjadi kekuatan.

BACA JUGA: E-Filing Renewal Trademark Kemenkumham Raih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

“Saya percaya kalau kita gotong royong dan merapatkan barisan, maka negara Republik Indonesia akan menjadi sebuah negara besar yang diperhitungkan di dunia,” ujarnya.

BACA JUGA: Kisah Pengejewantahan Pancasila Antara Petugas dan WBP Lapas Pekalongan

Dia lantas mengibaratkan hal itu dengan lomba gerak jalan beregu yang diikuti sebanyak 1.066 peserta dari unit eselon I, lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan (rutan), dan kantor wilayah (kanwil) Kemenkumham. “Tiap peserta dalam satu grup harus menunjukkan sikap kompak baris-berbaris untuk mewujudkan kebersamaan, kekompakan, dan keserasian sebagai pemenangnya,” ujarnya.

Salah seorang peserta lomba, Andi mengatakan, keutamaan dalam lomba itu bukanlah kemenangan. Namun, katanya, hal yang terpenting adalah menjaga kekompakkan dan kebersamaan yang mencerminkan loyalitas menjalankan perintah dari pimpinan dan organisasi dalam tugas sehari-hari.

“Menang dan kalah bukan menjadi hal penting bagi kami. Namun yang terpenting adalah kami dapat berpartisipasi memeriahkan kegiatan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia di lingkungan Kemenkumham. Dan mewujudkan rasa kebersamaan dan kekompakan,” ujarnya.(adv/jpnn)


Daftar Pemenang Lomba Gerak Jalan Kemenkumham 

Kategori Putri

  1. Juara I  BPSDM dengan nilai 577,30
  2. Juara II Ditjen Pemasyarakatan dengan nilai 576,30
  3. Juara III Lapas Terbuka Kanwil DKI Jakarta dengan nilai 570,50
  4. Juara Harapan I Lapas Perempuan Malang, Jawa Timur  dengan nilai 565,30
  5. Juara Harapan II Ditjen HAM dengan nilai 564,31
  6. Juara Harapan III BPHN dengan nilai 563,30

Kategori Putra

  1. Juara I Ditjen Pemasyarakatan dengan nilai 558,40
  2. Juara II Kanwil Bengkulu dengan nilai 555,10
  3. Juara III Lapas Tangerang, Banten dengan nilai 552,70
  4. Juara Harapan I  Kanwil DKI Jakarta dengan nilai 551,10
  5. Juara Harapan II  Ditjen Kekayaan Intelektual dengan nilai 549,25
  6. Juara Harapan III  Kanwil Jawa Timur dengan nilai 549,20

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 172 Pelajar Ikut Seleksi Calon Duta HAM


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler