Ini Rahasia Sehat dan Mesra di Usia Tua?

Rabu, 12 Maret 2014 – 23:46 WIB

jpnn.com - Pasangan yang sama-sama telah memasuki usia senja terkadang tidak lagi bisa intim karena dihalangi oleh gangguan kesehatan yang sudah menggorogoti tubuh mereka.

Namun jika keduanya masih mencoba tetap bercinta, maka ini akan memberi dampak positif pada kesehatan dan kebahagiaan mereka.

BACA JUGA: Konsumsi Ikan Turunkan Resiko Serangan Jantung

Peneliti juga mengatakan penyakit yang menyerang pasangan lansia biasanya dikaitkan dengan menurunnya kualitas pernikahan mereka.

Akan tetapi setelah dianalisis kembali, mereka menemukan fakta bahwa kunci untuk mempertahankannya hanyalah keintiman seksual.

BACA JUGA: Saat Subur, Wanita Lebih Alergi pada Wanita Lain

"Tampaknya penting untuk tetap mempertahankan koneksi seksual untuk melindungi kualitas pernikahan, terutama dalam menghadapi masa-masa sulit seperti ketika terserang penyakit penuaan. Sebaliknya, kurang seks akan membuat keadaan makin buruk," kata peneliti Adena Galinsky, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (10/3).

Kesimpulan itu diperoleh Galinsky setelah mengamati 1.464 individu berusia antara 65-74 tahun. Sebagian besar berkulit putih dan telah menikah selama 40 tahun lebih.

BACA JUGA: Ini Alasan Pria Ogah Diajak Bercinta

Rata-rata partisipan hanya melakukan satu aktivitas seksual dengan pasangannya setiap bulannya. Namun jika frekuensi seksnya bertambah, maka kualitas hubungan mereka juga akan meningkat. Ini artinya frekuensi seksual berkaitan erat dengan kualitas hubungan pasangan yang telah beranjak lansia.

Setiap partisipan juga ditanya tentang aspek-aspek tertentu dalam pernikahan yang mereka anggap positif maupun negatif. Misalnya 'kepuasan emosional' dikaitkan dengan aspek positif dalam hubungan, akan tetapi sebagian besar partisipan pria dan wanita mengkategorikan kritik pasangan sebagai aspek negatif.

Namun secara keseluruhan hanya para suami yang banyak menunjukkan aspek positif dalam pernikahan mereka ketimbang para istri.

Selain keintiman seksual, peneliti juga memastikan hasil studi sebelumnya bahwa kondisi kesehatan yang lebih baik erat kaitannya dengan peningkatan kualitas pernikahan. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tetris Bisa Bantu Jaga Konsisten Diet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler