Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Mengonsumsi Pisang

Rabu, 25 November 2015 – 04:00 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Eatthis

jpnn.com - Pisang, satu buah dengan rasa lezat yang bisa dinikmati dengan banyak cara. Menyajikannya bersama roti gandum saat sarapan, menjadikannya bahan dasar smoothie yang meyegarkan dan dipadu-padankan dengan buah lainnya atau langsung dimakan tanpa ada varian tambahan.

Tak hanya lezat, pisang pun punya dampak yang baik bagi kesehatan. Berikut ini apa yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi pisang, seperti dilansir laman Eatthis, Senin (23/11).

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Menjauhi Facebook

1. Mengurangi perut kembung

Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan pisang dua kali sehari sebagai camilan pre-meal selama 60 hari mampu mengurangi perut kembung sebesar 50 persen. Hal ini terjadi karena pisang merupakan sumber yang baik dari kalium, yang bisa membantu mengurangi retensi cairan.

BACA JUGA: Lemak Perut Ternyata Juga Berbahaya Bagi Orang Kurus Loh

2. Pembakaran lemak

Pisang mengandung 12 mg kolin, vitamin B yang melawan gen yang menyebabkan penyimpanan lemak di perut.

BACA JUGA: Kurang Tidur Benar-benar Bisa Merusak Kesehatan Anda

3. Melawan depresi

Pisang mengandung vitamin B9 alias folat, nutrisi yang bisa melawan depresi dengan meningkatkan substrat yang memiliki sifat antidepresan.

4. Melawan stress dan mengatasi kecemasan

Selain meningkatkan suasana hati pisang juga mengandung triptofan yakni prekursor untuk serotonin dan serotonin merupakan bahan kimia otak yang paling penting karena merupakan anti-depresan alami dan bisa mengobati kecemasan dan insomnia serta masalah suasana hati lainnya seperti kelelahan, lekas marah, agitasi dan agresi.

5. Lebih mudah tidur

Pisang mengandung trytptophan, suatu prekursor untuk melatonin yang mempromosikan relaksasi dan membantu mengatur tidur.

6. Otot ramping

Jika setelah olahraga Anda merasa seperti otot Anda sakit maka Anda mungkin tidak mendapatkan cukup magnesium dalam diet Anda. Sebuah sumber yang baik dari magnesium, pisang bisa membantu kontraksi dan relaksasi otot serta sintesis protein yang pada gilirannya meningkatkan massa otot.

7. Menstabilkan gula darah

Pisang memperlambat penyerapan gula dari pisang ke dalam aliran darah Anda. Ini adalah strategi yang paling efektif untuk menjaga kadar gula darah stabil, yang berarti tingkat energi yang konsisten dan penurunan berat badan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler