Iran Undang 'Wisata' Fasilitas Nuklir

Rabu, 05 Januari 2011 – 12:48 WIB
TEHERAN - Pemerintah Iran mulai terbuka dengan program nuklirnyaOtoritas setempat mengundang wakil dari negara berpengaruh di dunia dan Uni Eropa untuk mengunjungi fasilitas nuklirnya menjelang dialog nuklir di Istanbul, Turki.

Undangan kepada wakil negara-negara anggota badan pengawas nuklir PBB itu dilakukan Teheran untuk mencari dukungan atas program nuklirnya sebelum bernegosiasi dengan enam negara berpengaruh di Istanbul pada akhir Januari.

"Wakil dari Uni Eropa, gerakan nonblok, dan enam negara adidaya telah diundang untuk melihat fasilitas nuklir kami," jelas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast kepada wartawan, sebagaimana dilansir AFP.

Dia menyatakan, undangan tersebut merupakan bagian dari upaya Republik Islam Iran untuk menunjukkan kerja samanya kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA)

BACA JUGA: Evo Morales Batalkan Kenaikan BBM

"Kunjungan ke fasilitas nuklir kami merupakan niat baik dari bangsa kami untuk menunjukkan bahwa program nuklir itu bertujuan damai," tambahnya.

Kunjungan ke fasilitas Iran merupakan kesempatan langka
Terakhir, delegasi IAEA melakukan kunjungan serupa pada Februari 2007.

Tawaran untuk melihat fasilitas nuklir Iran, lanjut Mehmanparast, dilakukan untuk memberikan gambaran kepada enam negara yang akan terlibat dalam pertemuan di Istanbul

BACA JUGA: Afrika Bujuk Pantai Gading

Pertemuan tersebut akan dihadiri Iran, Inggris Raya, Tiongkok, Prancis, Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman.

Sementara itu, Tiongkok telah mengonfirmasi kedatangannya ke Teheran untuk memenuhi undangan pemerintah Iran
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei mengatakan bahwa Beijing telah menerima undangan tersebut dan sudah berkomunikasi dengan Iran

BACA JUGA: Militer Kerahkan Bantuan ke Kawasan Banjir

(cak/c7/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Situasi Mesir Masih Tegang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler