Irjen Andi Rian Minta Anak Buahnya Menyikat Para Mafia Tanah

Rabu, 23 November 2022 – 05:21 WIB
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Andi Rian R Djajadi memerintahkan anak buahnya mengawal pengembangan permukiman di Kota Banjarbaru.

Apalagi wilayah tersebut sudah terpilih menjadi ibu kota provinsi baru menggantikan Banjarmasin.

BACA JUGA: Sebaiknya Pemerintah Punya Skala Prioritas untuk Sikat Mafia Tanah

"Apa yang menjadi program pemerintah daerah harus kami dukung, jangan sampai pengembangan ibu kota provinsi terhambat," ujar dia dikutip dari Antara, Rabu (23/11).

Seiring dengan meningkatnya permintaan akan lahan untuk pembangunan termasuk kawasan pemukiman, Andi Rian pun menginstruksikan anggotanya bisa turut melakukan pengawasan.

BACA JUGA: Kapolda Maluku: Saya Akan Tindak

Salah satu yang ditekankan, yakni potensi adanya permainan dari mafia tanah.

Mantan Dirtipidum Bareskrim Polri itu meminta kejahatan tersebut bisa diawasi dengan betul. Dia pun meminta para mafia tanah untuk disikat habis.

BACA JUGA: 100 Personel Brimob Polda Kalsel Bersiaga, Siap Diperintah Irjen Andi Rian

"Jangan sampai masyarakat dirugikan akibat ulah oknum-oknum tak bertanggung jawab ini," ujar Andi Rian.

Kemudian, aktivitas galian C dan tambang batu bara ilegal yang bisa mengancam kerusakan lingkungan di ibu kota provinsi juga menjadi atensinya untuk ditindak tegas.

Kota Banjarbaru resmi menggantikan Kota Banjarmasin sebagai Ibu Kota Kalimantan Selatan sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2022 tentang Provinsi Kalimantan Selatan (UU Provinsi Kalsel) pada 15 Februari 2022.

Gedung-gedung pemerintahan provinsi termasuk instansi vertikal secara bertahap beralih ke Banjarbaru. Salah satunya Markas Polda Kalsel yang kini dalam tahap pembangunan.

Adapun lokasi Mapolda Kalsel yaitu di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Jalan Trikora Banjarbaru di atas lahan seluas lebih kurang 10 hektare dijadwalkan rampung Desember 2022 mendatang. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andi Rian Jadi Kapolda Kalsel, Bambang Rukminto Berkomentar Keras Begini


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler