Irjen Rachmad: Buat Bangga Orang Tua dan Jaga Nama Baik Polri

Kamis, 11 Juli 2024 – 11:46 WIB
Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 167 Bintara Diktuba Polri gelombang I TA 2024 bertempat di SPN Betung Polda Sumsel, Jalan Taja Jaya Raya I, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (11/7). Foto: Polda Sumsel

jpnn.com, KUANSING - Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 167 Bintara Diktuba Polri gelombang I TA 2024 bertempat di SPN Betung Polda Sumsel, Jalan Taja Jaya Raya I, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (11/7).

Dalam kesempatan itu, Rachmad meminta kepada ratusan bintara itu agar menjaga nama baik orang tua dan Polri.

BACA JUGA: Kubu Ali Mursid Minta Paminal Polri Tak Limpahkan Kasus ke Propam Polda Kalsel

"Jangan sia-siakan kesempatan emas ini, buat bangga orang tua kalian, jaga nama baik Institusi Polri dengan memberikan pelayanan terbaik, lindungilah masyarakat dengan sepenuh jiwa raga saudara. Kehormatan para bintara adalah bagaimana saudara mampu menjaga keamanan ketertiban masyarakat, membuat masyarakat taat hukum saat bertugas nantinya. Era sudah berubah, teknologi dan informasi sudah berkembang pesat. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan dan wawasan kalian semua. Kemampuan akademik, taktis, strategi kepolisian harus dipunyai agar masyarakat semakin mencintai institusi Polri," kata Rachmad.

Pelantikan Bintara Diktuba Polri menandai berakhirnya seluruh rangkaian pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang pertama tahun anggaran 2024, yang selanjutnya secara resmi siap untuk diterjunkan ke masyarakat dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota kepolisian.

BACA JUGA: Polri Pakai Alat Analisis Komposisi Tubuh-Tes MMPI pada Seleksi Akhir Akpol

“Dengan mengucapkan alhamdulillahi robbil aalamiin, pada hari ini, Kamis, 11 Juli 2024 pukul 09.45 WIB, Pendidikan Pembentukan Bintara Polri gelombang pertama tahun anggaran 2024 secara resmi saya nyatakan ditutup,” tegas Rachmad.

Dia juga membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto yang mengucapkan selamat kepada ratusan Bintara Polri yang telah lulus pendidikan dengan menyandang pangkat Bripda, agar menjadi sosok Polri yang Presisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

BACA JUGA: Kapolri dan Panglima Sampaikan Hal Ini kepada Capaja TNI-Polri

“Pada diri saudara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara. Berikan dedikasi terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Syukuri, ini merupakan jawaban dari doa yang tulus para orang tua dan keluarga,” ujarnya.

Mengusung tema ‘Pendidikan Dan Pelatihan Yang Melayani Untuk Polri Presisi’ dimaksudkan untuk menciptakan sumber daya manusia Polri dari awal mulai pendidikan pembentukan dan pelatihan.

“Standar kompetensi lulusan dan penjabaran kurikulumnya mempunyai muatan agar mampu memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sejatinya yang menjadikan tugas dan fungsi saudara sebagai Bhayangkara yaitu memelihara Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum untuk menciptakan rasa aman dan keadilan,” lanjutnya.

Kapolda mengingatkan bahwa waktu lima bulan pendidikan merupakan waktu yang singkat, oleh karenanya dirinya meminta agar para Bintara terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan situasi, tantangan tugas yang akan dihadapi.

“Implementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara peroleh selama mengikuti pendidikan, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti belajar, berlatih, mengembangkan ilmu dengan memperbanyak referensi dan literasi. Tanamkan semangat kejuangan dan stamina fisik yang prima, bangun jaga karakter sebagai Bhayangkara. Selalu dekatkan diri ke masyarakat melalui pelayanan empati dan tidak menyakiti hati masyarakat tanpa meninggalkan nilai disiplin, loyalitas dan integritas,” pesannya.

Lulusan terbaik umum dan rangking pertama bidang Akademik diraih Bripda Muhammad Takwin pengiriman Polrestabes Palembang, nilai umum 76,94 dan nilai akademik 78.17. Bripda M Takwim merupakan anak dari pasangan Iwandra dan Nova Sintia Dewi.

Sedangkan rangking pertama bidang Mental Kepribadian diraih Bripda I Made Swastika, nilai 76,02 asal pengiriman Polres Prabumulih, anak dari pasangan I Wayan Mustika dengan Ni Nengah Budiarini.

Rangking pertama bidang Kesamaptaan Jasmani diraih Bripda Theo Evan Junior Sirait, asal pengiriman Polrestabes Palembang dengan nilai 76,72 merupakan anak dari alm Sahat Sirait dengan Rokkim Sigalingging.

Pelantikan siswa Diktuba Polri gelombang I TA 2024 turut dihadiri oleh Ketua Bhayangkari Daerah Sumsel dan Staff, para Pejabat Utama (PJU) Polda Sumsel, para Kapolres/Tabes jajaran, para orang tua dan wali siswa, serta tamu undangan lainnya. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terima Serdik Sespimmen, Kapolres Gresik Harap Peserta Pahami Tugas Polri yang Humanis


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler