Irman Tegaskan DPD Solid Usung OSO

Selasa, 07 Oktober 2014 – 13:34 WIB
Ketua DPD RI, Irman Gusman. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan bahwa lembaga negara yang dipimpinnya hanya akan mengusung Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai calon pimpinan MPR RI. Hal itu disampaikan Irman guna menyikapi penolakan atas calon tunggal pimpinan MPR RI.

Menurut Irman, keputusan DPD untuk mengirim nama OSO sebagai calon pimpinan MPR sudah melalui proses yang sulit. Sebab, DPD harus memilih yang terbaik dari 9 senator yang diusulkan sebelumnya.

BACA JUGA: KMP Tolak OSO, DPD Berang

"Kami kerucutkan nama jadi satu, itu bukan mudah, sangat sulit. Rapat konsultasi gabungan fraksi dan kelompok DPR juga sudah menyepakati satu nama untuk dua paket," tegas Irman di Gedung MPR RI, Jakarta, Selasa (7/10).

Irman juga mengatakan bahwa DPD tidak melihat tawaran tentang posisi Ketua MPR dalam paket Koalisi Indonesia Hebat (KIH) ataupun Koalisi Merah Puith (KMP) secara terpisah. Menurutnya, yang terpenting bagi DPD adalah ada proses musyawarah mufakat tanpa harus voting untuk memilih pimpinan MPR.

BACA JUGA: KIH dan KMP Perang Interupsi di Paripurna MPR

"Sebenarnya soal KIH atau KMP, buat kami itu yang kedua, yang penting mekanisme kami harus ada dulu. Kami tawarkan musyawarah mufakat tanpa ada paket. Jadi KIH, KMP dan DPD bersama-sama tanpa paket," jelasnya.

Senator asal Sumatera Barat itu juga memastikan DPD tetap solid dan tidak akan memunculkan nama selain OSO  seperti Ahmad Muqowan. Sebab, Muqowam sudah menandatangani pakta integritas untuk siap kalah dan menang saat paripurna DPD dengan agenda pemilihan nama untuk diusung sebagai calon pimpinan MPR RI.

BACA JUGA: KIH Siapkan Satu Kursi Pimpinan MPR untuk PPP

"Gak mungkin (ada nama lain), karena yang mengusulkan pimpinan itu kelompok DPD. Dari kami cuma satu nama. (Muqowwan) Dia sudah tanda tangan pakta integritas, siap kalah siap menang," tandas Irman.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ungkap Suap Wisma Atlet, KPK Periksa Manajer PT DGI Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler