Istri Minta Ruhut Dihukum Adat

Jumat, 15 Juli 2011 – 06:26 WIB

JAKARTA - Istri pertama Ruhut Sitompul, Anna Rudhiantiana Legawati, terus berjuang untuk memperoleh keadilan atas kasus rumah tangganyaSetelah melaporkan Ruhut ke polisi, dia mengadukan perbuatan salah seorang ketua DPP Partai Demokrat itu ke pemuka masyarakat (marga) Tobing.

Anna mengantongi marga Tobing sejak 2001 setelah pernikahannya dengan Ruhut dicatatkan secara adat

BACA JUGA: Para Bupati Tolak Sekda jadi Pembina Pegawai

Dia kemarin (14/7) diterima raja-raja adat marga Tobing di Gedung De-Boulevard, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Yang menerima adalah para raja adat
Di antaranya, Bapak Simon Tobing," kata Hotman dalam pernyataan tertulis kepada Rakyat Merdeka Online kemarin.

Anna berharap, dengan pengaduan tersebut, pemuka masyarakat Tobing bisa mengadakan pengadilan adat terhadap Ruhut

BACA JUGA: KPK Persempit Ruang Gerak Bupati Seluma

"Saya berharap suami saya bisa insaf," katanya.
Senin lalu (11/7), dia melaporkan Ruhut atas tuduhan pelanggaran pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen serta pasal 284 dan 279 PP No 9 Tahun 75 karena menikah lebih dari sekali tanpa seizin istri pertama.

Menurut Anna, Ruhut telah memalsukan akta pernikahan saat menikahi istri keduanya, Diana Leovita, 6 Mei 2008
Saat itu, kata dia, Ruhut mengaku masih jejaka

BACA JUGA: Johnny Allen Dilaporkan ke KPK Lagi

Dia mengungkapkan, surat keterangan Ruhut belum menikah dikeluarkan Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta PusatPadahal, Ruhut menikahi Anna pada Juni 1998 di Sydney, AustraliaDari pencatatan secara adat pada 2001, Anna memperoleh marga Tobing, sehingga bernama Anna Boru TobingDari pernikahan tersebut, Ruhut-Anna dikaruniai seorang anak, Christian Husein Sitompul.

Sejak 2 Januari 2008, kata Anna, Ruhut tidak pernah pulang dan menelantarkan anak-istriDia belakangan baru tahu bahwa Ruhut dekat dengan Diana Leovita yang dikenalnya pada 17 Juni 2007.

Dikonfirmasi soal laporan istri pertamanya tersebut, Ruhut hanya menganggap hal itu sebagai lagu lama"Saya punya istri, saya baru sekali nikahJadi, berita itu bohong," tegasnya (JP, 12/7)

Ketua Dewan Tobing Sedunia Simon Tobing menyatakan prihatin atas masalah yang dialami Anna dan anaknya"Kami tidak bisa mengerti mengapa bisa keluar dari mulut public figure seperti ituAnna Boru Tobing adalah istri sah Ruhut," tegasnya.

Karena itu, lanjut Simon, pihaknya akan berbicara dengan keluarga Sitompul yang terdekat untuk membicarakan masalah tersebutBegitu juga hukuman yang akan diberikan kepada Ruhut"Hukuman nanti dibicarakan lagi antara keluarga Sitompul dan TobingDia (Ruhut) bisa dibuang dari komunitasnya dan akhirnya tidak diakui lagi," tegasnya(ald/jpnn/c5/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mesin Jahit Dikorupsi, Rekanan Depsos Dihukum 4 Tahun Bui


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler