Italia Telan Pil Pahit, Kalah 0-1 oleh Pantai Gading

Kamis, 12 Agustus 2010 – 06:06 WIB

LONDON - Italia belum bisa lepas dari episode burukSetelah terpuruk di Piala Dunia 2010, Gli Azzurri -julukan timnas Italia- kembali harus menelan pil pahit setelah kalah 0-1 oleh Pantai Gading dalam uji coba di Upton Park, London, kemarin dini hari

BACA JUGA: Pertamina Siapkan 300 Rumah untuk SEA Games

Itu adalah laga ketujuh yang dilakoni Italia sepanjang tahun ini
Tapi, tidak sekali pun juara dunia 2006 tersebut meraih kemenangan.

Duel Italia kontra Pantai Gading sejatinya berjalan ketat

BACA JUGA: Capello Siap Dihujat

Namun, di babak kedua, Italia kehilangan determinasi
Lahirlah gol tunggal Pantai Gading yang dicetak Kolo Toure pada menit ke-55

BACA JUGA: Bradley Favorit Pengganti

Memanfaatkan umpan silang Guy Demel, heading pemain Manchester City tersebut tak mampu diantisipasi kiper Italia Salvatore Sirigu.

Kekalahan itu menjadi awal yang tidak bagus bagi pelatih anyar Italia Cesare PrandelliMeski begitu, dia tidak kecewaMenurut dia, kekalahan tersebut lebih disebabkan oleh kondisi fisik pemain yang tidak prima.

"Pantai Gading bermain sangat baikMereka benar-benar mengerahkan segala upaya untuk mengamankan sektor pertahananKami tidak bisa leluasa mengalirkan bola seperti yang kami inginkan," ulas Prandelli dalam wawancara dengan televisi RAI.

"Yang paling memengaruhi performa kami adalah kondisi fisik para pemainSebagian besar belum seratus persen fitLagipula, kami sudah tahu bakal sulit tampil optimal hanya dengan waktu latihan dua hari," lanjutnya.

Prandelli berupaya mengoptimalkan serangan lewat sektor tengah yang dikomandani Antonio CassanoNamun, mereka tidak mampu menembus tembok pertahanan yang digalang Toure dkkKetika Italia mengalihkan aliran bola ke sayap, serangan dengan mudah dipatahkan lawan.

Memang, penampilan Italia tidak sepenuhnya mengecewakanMeski kalah penguasaan bola, mereka sejatinya bermain lebih efektifBeberapa peluang emas juga terciptaDi antaranya, dari Mario Balotelli dan Cassano, dua pemain bengal yang tidak masuk skuad Piala Dunia 2010 versi Marcello Lippi.

Balotelli mendapat kans bagus ketika laga baru jalan empat menitTendangan bebasnya dari jarak 25 meter mengarah langsung ke gawang Daniel YeboahSayang, si kulit bundar melayang tipis di atas mistarBerikutnya, Cassano tak terkawal setelah mendapatkan umpan dari Angelo PalomboSayang, tendangannya masih melebar.

"Saya tidak panikBagaimanapun, saya melihat hal-hal positif yang ditunjukkan anak-anak dari laga iniSaya melihat sinyal bagus," papar Prandelli"Paling tidak, para pemain sudah menunjukkan determinasi dan kemauan untuk bermainKami harus lebih mengasah antusiasme dan motivasi tim," tegasnya.

Di sisi lain, laga tersebut menjadi debut pelatih sementara Pantai Gading Francois ZahouiDia puas dengan hasil yang diraih pasukannyaSebab, sebagian besar pemain yang dibawanya ke London merupakan sisa skuad di Piala DuniaL'Elephants -julukan timnas Pantai Gading- hanya minus enam pemain yang tidak memperoleh visa masuk Inggris serta bintang Didier Drogba yang masih menjalani recovery setelah operasi pangkal paha.

"Saya tahu ini tim yang kuatTapi, Italia juga sangat bagusIni kemenangan yang penting buat kami," ungkap Zahoui seperti dilansir Associated Press"Saya bukan pelatih permanen Pantai Gading, tapi tetap saja merasa bangga ketika tim meraih kemenangan penting," tambah dia(na/c10/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Serobot Mascherano, Klaim Gaet Oezil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler