Izin Usaha di Indonesia Butuh 6 Bulan, Qatar Cuma 3 Hari

Jumat, 26 Februari 2016 – 21:00 WIB
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - BALI - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta jajaran birokrasi memangkas proses perizinan yang menyulitkan dunia usaha.

Dia mengatakan, perizinan seharusnya lebih mudah agar dunia usaha di Indonesia berkembang dan membawa dampak pada kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Bandara Rembele Bisa Tampung 200 Ribu Penumpang

"Orang berusaha itu bawa duit untuk negara jadi untuk apa dipersulit. Izin-izin yang bisa memakan waktu berbulan, persingkat jadi beberapa hari atau jam saja," kata Yuddy dalam Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Pelayanan Publi di Bali, Jumat (26/2).

Yuddy meminta pemerintah daerah melakukan inovasi dalam perizinan usaha. Semua peraturan daerah yang tidak sejalan dengan semangat birokrasi efisien harus dikaji. "Kalau justru menyulitkan dunia usaha, revisi saja," tegas Yuddy.

BACA JUGA: Anggota Fraksi PKB Soroti Kinerja Garuda, Ada Apa nih?

Dia mengungkapkan, ada pengusaha Indonesia mengeluh karena untuk mengurus izin usaha hingga enam bulan. Padahal, pengusaha itu hanya butuh waktu tiga hari saat berinvestasi di Dubai, Qatar.‎ (esy/jpnn)

BACA JUGA: Hebat! FIFGROUP Bukukan Pembiayaan Rp 28,8 Triliun

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terperosok, Perusahaan Terbesar Ini Tetap Yakin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler