Izinkan Penggunaan Gadget selama Penerbangan

Jumat, 01 November 2013 – 22:43 WIB

jpnn.com - WASHINGTON - Regulator penerbangan di Amerika Serikat (AS), Federal Aviation Administration (FAA) bakal memperbolehkan penggunaan gadget di pesawat termasuk saat mendarat dan lepas landas di bandara. Kebijakan baru itu diperkirakan akan mulai berlaku akhir tahun ini, sehingga nantinya penumpang pesawat dapat terus menggunakan ponsel pintar (smartphone), komputer tablet, serta alat baca buku elektronik (e-book) dari bandara asal hingga bandara tujuan.

Saat ini, penumpang diharuskan mematikan smartphone, tablet dan perangkat elektronik lainnya begitu pintu pesawat ditutup. Penumpang juga disarankan tidak menyalakan perangkat elektronik hingga ketinggian pesawat mencapai 10 ribu kaki, atau ketika pilot memang sudah mengizinkannya. Bahkan para penumpang juga diharuskan mematikan perangkat elektronik saat pesawat hendak mendarat.

BACA JUGA: Tablet Karya Anak Negeri Comeback di Indocomtech

Menurut laman CBS, Kamis (31/10), administrator FAA, Michael Huerta mengatakan, pihaknya telah mendapat permintaan dari sejumlah maskapai agar para penumpang diizinkan menggunakan perangkat elektronik selama penerbangan. Maskapai Delta Airlines dan JetBlue termasuk dalam daftar maskapai yang mengajukan permintaan itu.

"Tergantung pada ketentuan, kami bisa segera menyetujui perluasan penggunaan perangkat elektronik," katanya dalam konferensi pers di Washington.

BACA JUGA: Awas, NSA Ternyata Intip Data Yahoo dan Google

Namun demikian, penumpang masih dilarang melakukan panggilan telepon saat berada dalam pesawat. Paslanya, pihak yang berwenang tentang pembicaraan telepon di penerbangan bukanlah FAA tetapi Federal Communications Commission.

Sebelum kebijakan tentang dibolehkannya penggunaan perangkat elektronika selama penerbangan itu diterapkan, pihak maskapai diminta terlebih dulu menyiapkan pengecekan keamanan. FAA memerintahkan pihak maskapai agar menunjukkan bukti bahwa mereka mampu mengatasi dampak yang muncul dari penggunaan telepon seluler terhadap alat-alat penerbangan dan sistem avioniknya.

BACA JUGA: Hadirkan Teknologi Masa Depan

Menurut maskapai setempat, Delta Airlines, permintaan sudah disampaikan pada FAA agar aturan ini dapat segera dinikmati konsumen yang menggunakan penerbangan rute domestik mulai 1 November ini. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sediakan Enkripsi Agar Kerahasiaan SMS Terlindungi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler