Jabar Butuh Lebih Banyak Polwan...Untuk Apa Ya?

Senin, 05 September 2016 – 09:19 WIB

jpnn.com - BANDUNG - Terus terjadinya berbagai persoalan yang menimpa perempuan dan anak memerlukan perhatian semua pihak. Hal ini penting agar tidak semakin banyak perempuan dan anak yang menjadi korban.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menyebut, salah satu solusi terkait persoalan ini dengan lebih mengedepankan peran polisi wanita (polwan). Ineu berharap, polwan bisa lebih dekat dengan masyarakat untuk memberi berbagai pengetahuan terkait pentingnya ketahanan keluarga.

BACA JUGA: Ya Ampun, Masih ABG Sudah Dijadikan LC Karaoke

Terlebih, tambah Ineu, tujuan awal adanya polwan yakni untuk menyelesaikan permasalahan yang menimpa perempuan dan anak. "Jadi saat ini kami men-support, karena di Jabar banyak masalah perempuan dan anak, karena jumlah penduduk banyak, ini memang risiko. Oleh karena itu, secara penugasan polwan, bukan hanya untuk keamanan, tapi juga memberi masukan ke masyarakat bahwa masalah-masalah ini harus bersama-sama dituntaskan," kata Ineu. 

Ineu berharap, jumlah polwan di setiap daerah harus ditambah agar mampu lebih mendeteksi persoalan perempuan dan anak. Saat ini, kata Ineu, jumlah polwan masih sedikit jika dibandingkan dengan polisi pria.

BACA JUGA: Preman Berpedang Bikin Onar Acara Pencegahan Korupsi, Dihadiri Ketua KPK

Dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, Jabar memerlukan lebih banyak lagi polwan agar mampu menjangkau setiap lapisan masyarakat. "(Perbandingannya) dari penerimaan seribu polisi, menurut kapolda polwannya hanya puluhan di Jabar," kata Ineu.

Ineu berharap, setiap tingkatan lembaga kepolisian terdapat polwan yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Perlu digenjot lagi jumlahnya jika ingin polwan menyentuh ke daerah-daerah, agar di setiap polsek ada polwan dengan kehumanisan dan profesionalitasnya," ujarnya.

BACA JUGA: Wow! Pejabat Dilarang Merokok

Ineu menambahkan, peringatan HUT ke-68 Polwan yang diselenggarakan Polda Jabar, kemarin, harus menjadi momentum untuk lebih meningkatkan peran polwan bagi masyarakat. "Tadi (kemarin) Kapolda (Jabar) meminta saya secara pribadi sebagai ketua DPRD perempuan, memberikan motivasi dan support dalam peringatan HUT Polwan di Polda Jabar. Saya berharap di ultah polwan ke-68, korps polwan makin maju, profesional dalam pelayanan, makin memberikan kenyamanan bagi masyarakat," bebernya. (agp/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lapas Heboh, Napi Tumbang Setelah Didatangi Oknum Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler