Jadwal Keberangkatan Kereta Diubah

Rabu, 26 Oktober 2011 – 08:34 WIB

CIREBON – Berbagai perbaikan terus dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk memberikan pelayanan kepada para pelanggannyaSetalah beberapa waktu lalu membatasi jumlah penumpang untuk kereta bisnis dan ekonomi, kali ini PT KAI akan mengatur ulang jadwal keberangkatan kereta api di seluruh stasiun.

Menurut Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) III Cirebon, Sumarsono, berdasarkan telegram CP no 202 tertanggal 24 Oktober 2011, maka terhitung sejak tanggal 1 Desember 2011 mendatang semua jadwal keberangkatan kereta akan berubah meski hanya beberapa menit.

“Dengan adanya rencana perubahan jadwal keberangkatan kereta maka secara tidak langsung akan berdampak kepada pemesanan tiket kereta yang dilakukan secara online

BACA JUGA: Polisi di Papua Harus Berdua

Sehingga pemesanan yang biasanya 40 hari, sementara untuk tanggal 24-30 November 2011 akan dilayani 30 hari sebelum pemberangkatan
Sedangkan untuk pemesanan di atas tanggal 1 Desember 2011 baru bisa dilayanai pada tanggal 1 November 2011,” terang dia kepada Radar Cirebon (Grup JPNN), Selasa (25/10).

Meski telah diumumkan aka nada perubahan jadwal keberangkatan kereta, namun hingga saat ini PT KAI belum mengeluarkan jadwal keberangkatan kereta yang baru termasuk di Daops III Cirebon

BACA JUGA: KaBIN: Penembakan Kapolsek Kriminal Murni

Sebab, untuk pengumuman jadwal keberangkatan kereta yang baru akan diumumkan paling cepat dua minggu sebelum jadwal baru diberlakukan.

“Perubahan jadwal kereta tersebut bukan sesuatu yang baru karena hampir dilakukan setiap tahun
Bahkan nantinya meski ada perubahan, 7 jadwal keberangkatan kereta api dari Cirebon tujuan Jakarta yang setiap hari ada tujuh kali keberangkatan hanya akan berubah dalam hitungan menit tidak sampai hingga berjam-jam,” ujarnya.

Dikatakan dia, dalam melakukan perubahan jadwal kereta tersebut PT KAI telah melakukan berbagai kajian dan pertimbangan

BACA JUGA: Rombak Masjid, Tewas Tersengat Listrik

Diantara alasan yang dijadikan PT KAI untuk merubah jadwal kereta adalah telah selesainya beberapa ruas jalur ganda, pangsa pasar, efesiensi kereta, kehadiran sarana transportasi lainnya, hingga masukan dari pelanggan kereta“Untuk harga tiket hingga saat ini masih sama belum ada kenaikan dan yang akan dilakukan perubahan jadwal kereta,” kata Sumarsono.

Selain akan memberlakukan jadwal keberangkatan kereta, berdasarkan telegram CP no 127 tertanggal 15 Oktober 2011 bahwa kereta Harina Pagi jurusan Bandung-Semarang atau sebaliknya mulai tanggal 1 November ditiadakanMeski demikian, untuk kereta Harina Malam jurusan Bandung-Semarang atau sebaliknta tetap dijalankan.

“Alasan penghentian Kereta Harina Pagi itu disebabkan tidak terpenuhinya target penumpangPadahal sebenarnya kalau untuk penumpang yang naik dari Stasiun Kejaksan itu cukup banyak,” tegasnya.

Dengan ditutupnya kereta Harina Pagi, maka kereta Harina yang biasanya tiba di Stasiun Kejaksan pukul 11.45 Bandung-Semarang dan pukul 11.35 Semarang-Bandung tidak ada lagiTetapi kereta Harina Malam tetap akan berjalan dan tiba di Stasiun Kejaksan pukul 00.15 Bandung-Semarang dan pukul 00.45 Semarang-Bandung“Selanjutnya rangkaian kereta Harina yang biasa beroperasi pagi akan dialihhkan untuk jalur kereta lainnya,” tandas dia(mam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lereklerekan Milik Sulbar, Gubernur Kalsel Ajukan Keberatan ke Mendagri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler