Jaga Kadar Kolesterol Anda Selalu Aman Terkendali dengan Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Jumat, 20 Mei 2022 – 02:10 WIB
Kacang Kenari (Walnut). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SAAT ini, banyak orang yang kadar kolesterolnya meningkat terlalu tinggi.

Kadar kolesterol yang jauh melebihi batas normal tentu saja bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama jantung Anda.

BACA JUGA: 5 Suplemen yang Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Aman Dikonsumsi

Makan makanan yang digoreng dan junk food dalam jumlah berlebihan menyebabkan beberapa penyakit gaya hidup, kolesterol tinggi menjadi salah satu contohnya.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia, HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat).

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Otak dengan Mengonsumsi 10 Makanan Sehat Ini

Ketika kadar LDL meningkat, itu memengaruhi kesehatan jantung kita.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk tetap memeriksa kadar kolesterol untuk hidup sehat.

BACA JUGA: Suami, 5 Makanan Sehat Ini Bantu Anda Tahan Lama di Ranjang

Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu kadar kolesterol tetap normal.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Ndtv.

https://food.ndtv.com/food-drinks/cholesterol-management-5-everyday-foods-that-may-keep-cholesterol-levels-in-check-2732935?fbclid=IwAR0toDOp9tNfJx9isNxobfWWzKetCcrbkJUKpxBBhsDEHpiOQismSb-_KC4

1. Amla

Amla adalah salah satu sumber terkaya vitamin C, mineral dan asam amino.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, ditemukan bahwa amla membantu mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Selain itu, amla ditemukan memberikan manfaat tambahan perlindungan terhadap aterosklerosis dan CAD (penyakit arteri koroner).

2. Teh Hijau

Teh hijau adalah sumber yang kaya polifenol. Teh hijau memiliki konsentrasi polifenol tertinggi yang terkait dengan tidak hanya menurunkan kolesterol LDL, tetapi juga meningkatkan kolesterol HDL.

3. Lemon

Lemon atau buah jeruk apa pun mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu membuang racun dan mengurangi peradangan tubuh.

Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, buah jeruk mengandung hesperidin, yang bisa mengurangi gejala hipertensi dan senyawa pektin (serat) dan limonoid.

Faktor-faktor tersebut bisa memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan menurunkan kolesterol tidak sehat (LDL) dalam darah.

Flavon antioksidan juga bisa menurunkan risiko stroke pada wanita.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan beberapa nutrisi penting.

Menurut para ahli, bayam mengandung karotenoid yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Kenari

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa makan kenari bisa efektif dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol.

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa diet yang mengandung kenari, yang terutama terdiri dari lemak tak jenuh ganda, berdampak positif pada penanda kesehatan jantung.

Sekarang setelah Anda mengetahui makanan sehat yang membantu mengelola kadar kolesterol, lebih baik kamu memasukkannya ke dalam diet harian dan nikmati kesehatan secara keseluruhan. Selalu ingat, moderasi adalah kuncinya.

Menurut para ahli kesehatan, seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 300 gram kolesterol setiap hari dan jika Anda memiliki kolesterol tinggi, batasi asupannya hingga kurang dari 200 gram setiap hari.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler