Jaga Kekuatan Otot dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Selasa, 28 Mei 2024 – 02:04 WIB
Ubi jalar. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - MEMILIKI otot yang kuat dan sehat bisa mendatangkan manfaat yang baik untuk tubuh, seperti melancarkan peredaran darah, menurunkan berat badan dan lainnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, satu-satunya cara untuk membangun dan menjaga massa otot yang sehat adalah dengan berolahraga dan mengangkat beban setidaknya dua kali seminggu atau lebih.

BACA JUGA: Redakan Nyeri Otot dengan Menggunakan 3 Bahan Alami Ini

Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan fakta bahwa semua kerja keras kamu akan sia-sia jika Anda tidak mengisi bahan bakar dengan jenis makanan yang tepat setelah sesi latihan yang berat?

Lagi pula, ada kemungkinan besar Anda mengalami ketegangan satu atau dua otot saat berolahraga.

BACA JUGA: 5 Makanan Kaya Kolagen yang Baik untuk Kulit Anda

Misalnya, karena tubuh Anda mungkin mulai memecah otot untuk mendapatkan energi agar kamu bisa melanjutkan latihan tersebut setelah titik tertentu.

Bagi yang belum tahu, massa otot mengacu pada berat otot di tubuh Anda, otot yang sama yang bisa mengubah tubuh kamu menjadi mesin pembakar lemak dan kalori.

BACA JUGA: Ubah Lemak Tubuh Jadi Otot dengan Olahraga, Begini Caranya

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan segala daya kendali kamu untuk mencegah kehilangannya.

Tentu saja, latihan ketahanan dan beban serta diet tinggi protein adalah cara yang tepat.

Namun, mengonsumsi makanan ini segera setelah berolahraga bisa membantu tubuh Anda memulai proses pemulihan otot dengan segera dan mempertahankan massa otot kamu.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kunyit

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology, mengonsumsi kunyit setelah melakukan olahraga bisa mengurangi kerusakan otot dan meningkatkan perbaikan otot sehingga memungkinkan Anda tampil lebih baik di sesi latihan berikutnya.

Sifat antiinflamasi dari rempah yang luar biasa ini juga bisa membantu meringankan peradangan atau pembengkakan pada otot Anda.

2. Bayam

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute di Stockholm, bayam merupakan makanan yang kaya magnesium, yang bisa membantu meningkatkan fungsi otot dan mengatur tekanan darah.

3. Ubi jalar

Memang rasanya manis, tetapi juga sangat manis untuk otot Anda.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Sports Medicine, makan ubi jalar setelah berolahraga bisa membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang melalui keringat saat berolahraga dan juga membantu pemulihan otot karena adanya kandungan potasium yang tinggi dalam sayuran.

Faktanya, 'raja karbohidrat lambat' membutuhkan waktu untuk dicerna dan membangkitkan respons insulin yang lambat dari tubuh Anda, membuat Anda kenyang dan energik untuk waktu yang lama.

4. Telur

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Illinois menemukan bahwa makan tiga butir telur utuh setelah berolahraga bisa membantu mengisi kembali otot dan memastikan pemulihan otot yang cepat, semua berkat kandungan proteinnya yang tinggi.

5. Keju cottage

Keju cottage adalah sumber protein pilihan setiap vegetarian. Ini juga bisa menjadi sumber pemulihan otot setelah olahraga bagi semua orang.

Menjadi sumber yang kaya akan protein whey membantu proses pemulihan otot.

Sementara kandungan kaseinnya bisa memastikan proses pemulihan berlangsung sepanjang hari dan bahkan saat Anda sedang tidur karena kasein membutuhkan waktu untuk terurai dan melepaskan protein secara perlahan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Redakan Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 3 Makanan Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Otot   Makanan   keju cottage   bayam  

Terpopuler