Jaga Kesehatan Hati Anda dengan Mengonsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini

Sabtu, 23 Maret 2024 – 02:01 WIB
Kopi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - HATI merupakan salah satu organ penting manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Untuk menjaga hati Anda tetap bugar dan sehat bersama seluruh tubuh kamu, pola makan yang sehat sangat penting.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Hati dengan Rutin Mengonsumsi 4 Makanan Super Ini

Seperti sistem filter, hati membantu menghilangkan produk sampingan yang tidak diinginkan dan mempertahankan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi seseorang.

Namun, tidak semua jenis atau jenis makanan memiliki nilai yang sama dalam meningkatkan kesehatan hati.

BACA JUGA: 3 Makanan yang Ampuh Atasi Rasa Mengantuk Akibat Kurang Tidur

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tertentu untuk kesehatan hati sangatlah penting.

Hati melakukan fungsi penting karena membantu menghilangkan semua racun dalam tubuh manusia.

BACA JUGA: 5 Minuman yang Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

Hal ini terutama berlaku jika seseorang menderita kondisi tertentu yang berhubungan dengan hati, seperti sirosis atau Hepatitis C, karena kondisi ini bisa menyulitkan hati untuk bekerja secara optimal.

Itulah sebabnya Anda harus mengonsumsi beberapa makanan khusus untuk hati.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Anggur

Dengan berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat, anggur merah dan ungu dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan hati.

Karena mengandung resveratrol, anggur juga baik untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan berbagai penelitian telah membuktikan hal ini.

2. Jus Bit

Dianggap sebagai sumber nitrat dan antioksidan yang disebut betalains, jus bit juga efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan.

Jus bit juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi, yang membantu melindungi hati dari peradangan dan stres oksidatif sekaligus meningkatkan kemampuannya dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Sayuran kucifer

Sayuran seperti kubis brussel, brokoli, dan sawi dianggap sayuran silangan dan dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak kubis brussel dan kubis brokoli membantu meningkatkan kadar enzim detoksifikasi dan karenanya melindungi hati dari kerusakan.

Jika Anda tidak suka memakannya mentah, cobalah memanggangnya sebentar dengan bawang putih dan jus lemon atau cuka balsamic.

4. Alpukat

Sebagai bahan pokok dalam banyak masakan, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan hati.

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi buah ini dalam jumlah sedang bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan tes fungsi hati.

5. Kenari

Banyak penelitian menemukan bahwa dibandingkan dengan kacang pohon lainnya, kenari memiliki kandungan PUFA omega-3 dan omega-6 yang jauh lebih tinggi (47 persen) dan tingkat polifenol antioksidan tertinggi, baik dikonsumsi mentah atau dipanggang.

Menambahkan kenari ke dalam makanan harian Anda adalah ide yang bagus karena tidak hanya meningkatkan fungsi hati, tetapi juga kesehatan seseorang secara keseluruhan.

6. Kopi dan teh hijau

Meskipun ada peringatan tentang minum kopi secara berlebihan, penelitian mengungkapkan bahwa minuman ini adalah pilihan yang sangat baik untuk detoksifikasi hati karena sifat antioksidannya.

Selain itu, kopi juga melindungi kita dari penyakit hati kronis. Teh hijau membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan dan menjaga jarak aman dari tanda-tanda penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) lainnya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Manfaat Rutin Minum Teh Campur Madu, Bikin Suasana Hati Makin Baik


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Hati   Makanan   minuman   jus bit  

Terpopuler