Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan Mengonsumsi 4 Makanan Ini

Jumat, 13 Mei 2022 – 04:30 WIB
Kacang Almond. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK diragukan lagi, jantung merupakan organ terpenting manusia.

Jantung jika berhenti berdetak bisa membahayakan nyawa seseorang.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Jantung dengan 7 Trik Jitu Ini

Untuk itu, menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara wajib Anda lakukan.

Menjaga pola makan yang seimbang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah kenaikan berat badan, mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain itu, siapa yang tidak suka memilik jantung yang sehat?

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Selain berolahraga secara teratur dan menghindari makanan yang tidak sehat secara berlebihan, Anda bisa menjaga kesehatan jantung Anda dengan makan yang benar.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.

BACA JUGA: 4 Kondisi Kesehatan Ini Membuat Anda Lebih Rentan Terhadap Serangan Jantung

https://www.femina.in/wellness/health/foods-to-keep-your-heart-healthy-222655.html?fbclid=IwAR2MlCHS_IK3DsYnFPT2-BLf1YwUYR9wOzW5qYcsVR951ooae5Oi0W1llt0.

1. Almond

Lemak perut sering dikaitkan dengan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, dan peningkatan kadar trigliserida, semua faktor risiko yang diketahui untuk penyakit kardiovaskular.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi almond secara teratur membantu mengurangi lemak perut.

Memasukkan almond sebagai bagian dari diet sehat bisa membantu menurunkan faktor risiko dengan kontrol dislipidemia.

Suatu kondisi yang ditandai dengan kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi serta kadar kolesterol HDL yang rendah.

2. Makanan Kaya Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah dipelajari secara ekstensif untuk manfaat kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 dari ikan berlemak memiliki peran protektif dalam risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan aritmia.

Studi lain menunjukkan bahwa makan ikan dalam jangka panjang menurunkan tingkat kolesterol total, trigliserida darah, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik.

3. Biji-bijian

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa menambahkan biji chia dan biji rami ke dalam makanan Anda bisa meningkatkan banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida.

Mereka adalah sumber nutrisi jantung sehat, termasuk serat dan asam lemak omega-3.

Penelitian telah menunjukkan bahwa biji rami bisa membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol terkelola dengan baik.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit selama berabad-abad.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengkonfirmasi khasiat obatnya yang manjur dan menemukan bahwa itu bahkan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ekstrak bawang putih juga bisa menghambat penumpukan trombosit, yang mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.

Untuk memulai perjalanan menuju kesehatan jantung yang lebih baik, penting untuk membuat pilihan gaya hidup sehat yang akan terbukti berharga seiring waktu.

Dimulai dengan tujuan kecil yang realistis dan meningkatkan aktivitas fisik intensitas sedang selama 60 menit yang direkomendasikan bisa membantu mempertahankan gaya hidup sehat.

Singkatnya, hasil dari gaya hidup sehat sangat besar dan menyehatkan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler