Jaga Kesehatan Usus dengan Mengonsumsi 5 Buah Ini, Silakan Dicoba

Senin, 15 Agustus 2022 – 02:13 WIB
Pisang. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - USUS merupakan salah satu organ penting manusia. Usus merupakan tempat berkembangnya ratusan ribu bahkan jutaan bakteri sehat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan usus tentu saja merupakan kewajiban Anda.

BACA JUGA: Waspada, Ini 9 Tanda Kesehatan Usus Anda Terganggu

Kesehatan usus bisa saja terganggu jika Anda mengonsumsi makanan tidak sehat dan lainnnya.

Namun, beberapa buah sehat ini bisa membantu menjaga kesehatan usus.

BACA JUGA: Hancurkan Lemak Perut dengan 9 Buah Sehat Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Lifehack.

https://www.lifehack.org/489223/6-fruits-to-boost-gut-bacteria-for-a-healthier-digestive-system?fbclid=IwAR0C3_kG31WnCsYw7YgVzywhaJ5PWE4kmRZigg6QTabkK1wukUKQ4n3IE20.

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Manggis, Nomor 3 Ajaib Banget

1. Pisang

Serat sangat penting untuk merangsang proses produksi bakteri usus yang baik dan sama pentingnya untuk kesehatan dan fungsi pencernaan Anda secara keseluruhan.

Pisang tidak hanya kaya akan serat larut, tetapi juga mengandung senyawa prebiotik (serat yang tidak bisa dicerna) yang melewati bagian atas saluran pencernaan dan tetap tidak tercerna karena tidak sepenuhnya dipecah.

Begitu melewati usus kecil, mereka mencapai usus besar tempat mereka difermentasi oleh mikroflora usus.

Singkatnya, buah sehat ini bekerja untuk menjaga keharmonisan di antara mikroba dalam komunitas bakteri.

2. Blueberry

Blueberry membantu mendiversifikasi bakteri usus kita. Mereka menghancurkan bakteri usus yang berbahaya dan juga menghasilkan salah satu rasio serat per kalori terbaik di planet ini.

Karena sebagian besar buah beri dikemas dengan biji kecil, kandungan seratnya lebih tinggi daripada kebanyakan buah lainnya.

3. Kiwi

Kiwi adalah sumber energi yang bebas lemak dan padat nutrisi. Satu cangkir irisan kiwi mengandung 110 kalori, tanpa lemak, dua gram protein, lebih banyak serat daripada semangkuk serpih dedak, dan setengah gula sebanyak secangkir nanas mentah.

Serat dalam kiwi juga baik untuk mengikat dan membuang racun dari usus besar yang membantu mencegah kanker usus besar.

4. Apel

Selain menjadi makanan kaya serat, para ilmuwan baru-baru ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan penting dari apel mungkin berasal dari dampaknya terhadap bakteri di saluran pencernaan.

Dalam penelitian pada hewan laboratorium, asupan apel diketahui secara signifikan mengubah jumlah dua bakteri (Clostridiales dan Bacteriodes) di usus besar.

Sebagai hasil dari perubahan bakteri ini, metabolisme di usus besar juga berubah, yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

5. Raspberry

Mirip dengan blueberry, raspberry penuh dengan serat larut. Kandungan serat dan air dalam raspberry membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Serat yang cukup meningkatkan keteraturan yang sangat penting untuk pembuangan racun setiap hari melalui empedu dan tinja.

6. Pir

Untuk alasan gizi, kita sering disarankan oleh para ahli kesehatan untuk mengonsumsi kulit buah-buahan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kulit pir mengandung setidaknya tiga sampai empat kali lebih banyak fitonutrien fenolik daripada dagingnya.

Fitonutrien ini termasuk antioksidan, flavonoid antiinflamasi, dan fitonutrien anti kanker seperti asam sinamat.

Penting juga untuk dicatat bahwa dalam hal kesehatan usus kita, pir adalah buah yang kaya serat dan kulit pir telah terbukti mengandung sekitar setengah dari total serat makanan pir.

Bahkan dengan kandungan seratnya yang tinggi, ini dianggap sebagai salah satu makanan yang paling mudah dicerna.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kesehatan usus   Buah   pir   kiwi  

Terpopuler