Jajal Whoosh ke Bandung, Ganjar Bakal Prioritaskan Transportasi Umum

Selasa, 03 Oktober 2023 – 14:00 WIB
Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menyapa anak-anak penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, Selasa (3/10). Foto: supplied for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menjajal Kereta Cepat Whoosh saat hendak berkegiatan di Bandung pada Selasa (3/10).

Ganjar tiba di Stasiun Halim di Jakarta Timur sekitar pukul 09.15 WIB untuk naik kereta yang berangkat pukul 09.45 WIB.

BACA JUGA: Asal-Usul Nama Whoosh untuk Kereta Cepat Terungkap, Ternyata

Sembari menanti keberangkatan, Ganjar sempat berkeliling dan melihat fasilitas yang ada di dalam Stasiun Halim. Mantan gubernur Jawa Tengah itu Ganjar juga menyapa dan berfoto barengnpara calon penumpang kereta cepat tujuan Bandung.

"Wah Pak Ganjar naik kereta cepat juga ya, mau ke Bandung, Pak? Kebetulan ketemu bapak di sini, foto dulu, Pak," kata seorang penumpang yang juga menanti keberangkatan Whoosh.

BACA JUGA: Sejumlah Fakta Andika Perkasa Layak Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Paham Geopolitik Internasional

Ganjar pun sempat mengobrol dengan beberapa penumpang dan bercanda dengan anak-anak.

"Mau ke Bandung juga ya? Kenapa kok pilih naik kereta cepat?" tanya Ganjar.

BACA JUGA: Respons Wantimpres Soal Wacana Jalur Kereta Cepat Diperpanjang hingga Surabaya

Beberapa warga pun menjawab pertanyaan Ganjar dan mengutarakan alasan mereka menggunakan kereta cepat.

Ganjar didampingi Dirut PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

"Nyaman sekali, ya? Ini ekonomi, tetapi fasilitasnya sudah sangat nyaman. Jarak kakinya lega sekali. Saya paham betul karena saya itu bertahun-tahun naik kereta saat kerja di Jakarta dulu," kata Ganjar kepada Dwiyana.

Saat Ganjar berjalan menyusuri lorong kereta, kecepatan Whoosh terlihat 70 km/jam. Tak lama setelah Ganjar tiba di gerbong tempat duduknya, kecepatan yang tertera di layar terlihat sudah 351 KM/jam.

"Wah enggak kerasa, ya, halus sekali angkatannya. Enggak kerasa kalau kecepatan kita sudah 351 km/jam," ucap Ganjar.

Bakal capres dari koalisi PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo itu lantas bertanya kepada Dwiyana soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, baik mulai pengerjaannya, teknologinya, hingga fasilitas layanannya.

Saat sedang asyik mengobrol itu, tiba-tiba Kereta Cepat Whoosh berhenti. Pengeras suara mengumumkan bahwa perjalanan sudah berakhir karena kereta sudah sampai di Stasiun Padalarang.

"Wah, ternyata sudah sampai. Hanya 25 menit ini dari Halim ke Padalarang. Cepat sekali ya, saya me-review saja belum selesai, kok, sudah sampai," kata Ganjar sambil melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung Kota menggunakan feeder.

Bakal Kembangkan Transportasi Umum

Ganjar mengatakan transportasi umum merupakan salah satu program yang akan menjadi prioritasnya. Sebab, transportasi umum adalah salah satu kebutuhan penting masyarakat, termasuk untuk mengurangi kemacetan dan menjaga lingkungan.

"Transportasi umum mendukung perpindahan orang semakin cepat. Terbayangkan (atau) tidak dengan kereta cepat ini, orang bisa tetap tinggal di Bandung tetapi bekerja di Jakarta. Mereka bisa berpindah dengan cepat dan nyaman," katanya.

Ganjar mengatakan sudah banyak program transportasi umum yang telah dibangun Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, Ganjar berkomitmen akan meneruskan dan mengutilisasi transportasi umum yang dibangun negara agar memiliki nilai tambah bagi kemakmuran masyarakat.

"Pak Jokowi itu, kalau kata anak muda sekarang, sudah top-topan, gila-gilaan kalau soal infrastruktur, termasuk transportasi umum. Maka tugas kita harus meneruskan dan mengutilisasi agar ada manfaat dan nilai tambahnya untuk masyarakat," ucap Ganjar.(jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepertinya Ide soal Ganjar Jadi Cawapres Cuma Siasat KIM agar Prabowo Menang Gampang


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler