Jakarta Kota Termacet Sedunia, Ini Kata Polda Metro

Jumat, 06 Februari 2015 – 18:52 WIB
ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Stigma kemacetan lalu lintas yang parah memang tak bisa lepas dari Ibukota Jakarta. Hasil survei terbaru dari Castrol Magnatec menasbihkan Jakarta sebagai Kota Termacet sedunia.

Menanggapi itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Martinus Sitompul, mengatakan, sebuah kota itu macet tentu ada faktor-faktornya. Misalnya, ada dari faktor manusia, kendaraan dan transportasinya.

BACA JUGA: Jumat Keramat di Sarang Cabe-Cabean (2)

"Dalam hal ini kami melihat dari faktor manusia petugasnya, kemudian kultur dari pengguna kendaraan itu sendiri dan bagaimana manusianya tertib atau tidak, dan bagaimana disiplin lalu lintasnya," beber Martinus, Jumat (6/2).

Dia menyatakan, kalau dilihat kendaraan di Jakarta dan daerah-daerah penyangganya jumlahnya cukup besar. Pertumbuhan kendaraan hampir 11 persen hingga 12 persen. Sedangkan penambahan jalan hanya 0,01 persen. 

BACA JUGA: Jumat Keramat di Sarang Cabe-Cabean (1)

Artinya, kata Martinus, perkembangan jumlah kendaraan itu lebih tinggi daripada perkembangan sarana prasarana jalan. Selain itu, kata dia, transportasi massal kita masih terbatas.

"Seyogyanya kalau ada daerah-daerah penyangga masuk ke Jakarta yaitu dengan kendaraan massal itu yang bisa menampung," katanya.

BACA JUGA: Juru Parkir Meter Bantah Terima Gaji Dua Kali UMP

Namun, kata dia, sekarang kalau dilihat kendaraan-kendaraan dari luar Jakarta langsung menempati titik-titik dimana mereka bekerja.

Martinus pun menambahkan, kendala lain juga dikarenakan banyaknya hunian. "Tentu ini ada kendala juga tentang bagaimana analisa lalu lintasnya," ujarnya. 

Nah, kata Martinus, hal-hal seperti ini tentu menyumbang suatu kota untuk menjadi lebih padat dan macet. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Desak Ahok Batalkan Kenaikan Gaji PNS DKI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler