Jaksa Putar Rekaman Pembicaraan Evy dengan Gary, Ini Isinya

Kamis, 17 September 2015 – 23:58 WIB
Evy Susanti. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Istri muda Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti mengetahui soal penyerahan uang suap kepada hakim PTUN Medan oleh anak buah OC Kaligis, M Yagari Bhastara alias Gary pada hari Minggu, 5 Juli 2015.

Hal ini terungkap dari rekaman percakapan telepon antara Evy dan Gary yang diputar Jaksa Penuntut Umum pada KPK saat sidang untuk terdakwa Panitera PTUN Medan Syamsir Yusfran di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (17/9) malam.

BACA JUGA: Menlu Bantah TKI Siantar jadi Korban Perdagangan Organ

Dalam percakapan yang terjadi pada tanggal 5 Juli itu Evy menanyakan apakah Gary jadi datang ke kantor PTUN Medan untuk bertemu hakim. "Abang tadi jadi datang?," tanya Evy.

Gary pun menjawab bahwa dia sudah bertemu dengan hakim PTUN. Mendengar jawaban itu, Evy pun merasa lega. Pasalnya, Evy sempat khawatir terjadi sesuatu terhadap Gary lantaran telepon seluler pengacara muda itu tidak bisa dihubungi.

BACA JUGA: Marwan: ‎Transmigrasi Bukan Urbanisasi Terselubung

"Takut jebakan batman," ujarnya.

Dalam dakwaan terhadap Otto Cornelis Kaligis disebutkan bahwa pada hari Minggu tanggal 5 Juli advokat senior itu bersama asistennya bernama Yurinda Tri Ahyuni dan Gary datang ke kantor PTUN Medan. Mereka sedianya bertemu dengan hakim Dermawan Ginting dan Amir Fauzi di kantor pengadilan itu.

BACA JUGA: Puan: Penyaluran Dana Desa Tergantung Hasil Evaluasi

Namun, saat tiba di lokasi OC memerintahkan Gary turun sendiri untuk bertemu dengan kedua hakim. OC hanya menitipkan dua buah buku yang di dalamnya masing-masing diselipkan amplop putih berisi USD 5.000.

Hal ini sempat dibicarakan juga oleh Gary dan Evy dalam perbincangan telepon mereka. Gary menjelaskan bahwa OC menolak untuk turun lantaran khawatir sosoknya akan dikenali orang.

"Jangan katanya (OC Kaligis, red), soalnya kalau turun orang pasti tahu," ujar Gary kepada Evy. (dil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bencana Kabut Asap, Ini Langkah Kemendikbud


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler