Puan: Penyaluran Dana Desa Tergantung Hasil Evaluasi

Kamis, 17 September 2015 – 23:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan keputusan untuk menahan atau tidak penyaluran dana desa tahap akhir untuk tahun anggaran 2015, masih tergantung hasil evaluasi dan monitoring.

“Ini nanti keputusan setelah dilakukan evaluasi dan monitoring. Itu pun jika tidak terjadi penyerapan sebagaimana yang diharapkan. Jadi masih dalam pertimbangan. Kami akan lihat situasi di lapangan, apakah memang harus dilakukan atau tidak,” ujar Puan, Kamis (17/9).

BACA JUGA: Bencana Kabut Asap, Ini Langkah Kemendikbud

Menurut Puan, kepastian penyaluran tahap akhir masih menunggu perkembangan, karena saat ini pemerintah pusat terus menggenjot dana desa yang telah disalurkan hingga Rp16.5 triliun dapat terserap secara maksimal. Salah satunya menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri untuk memermudah persyaratan pencairan.

“Kami bisa mempercepat penyerapan, Insya Allah pertengahan Oktober bisa dipercepat penyerapannya,” ujarnya.

BACA JUGA: Jimly: Ada yang Curiga Bukan Saya Penulisnya

Puan menegaskan, penyerapan dana desa memang menjadi tugas Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Menteri Keuangan.

Namun, kata Puan, agar dapat berjalan secara maksimal, dirinya selaku Menko PMK berperan menjadi koordinator.

BACA JUGA: Rangkul OPM, Jokowi Disarankan Bangun Istana Presiden di Papua

“Agar terjadi percepatan sesuai yang diharapkan, makanya kami mensupervisi dan memberikan fasilitasi berkaitan hal-hal yang dibutuhkan secara teknis,” katanya.

Lebih lanjut, Puan mengatakan pelatihan ini juga dimaksudkan untuk pendamping perangkat desa. Ia juga mengakui masih ada masalah di lapangan.

Ia berharap nantinya pelatih pendamping desa yang telah mengikuti pelatihan, dapat melatih pendamping aparat desa dalam mempergunakan dana desa sesuai cita-cita bersama, membangun Indonesia dari pinggiran sebagaimana Nawacita Presiden Joko Widodo.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bangun Desa-desa di Perbatasan jadi Perkotaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler