Jam 4 Sore, Presiden Terpilih Sudah Diketahui

Berdasarkan Quick Count Lembaga Survei

Selasa, 07 Juli 2009 – 22:30 WIB

JAKARTA - Sejumlah lembaga survei sudah menyebar ribuan relawan ke seluruh daerah di Tanah Air untuk melakukan hitung cepat (quick count) Pilpres 2009Janjinya sekitar pukul 16.00 Wib, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih sudah bisa diketahui

BACA JUGA: SBY Nyontreng di Cikeas



Beragam metode pun yang diterapkan baik berdasarkan laporan relawan yang ikut menghitung di TPS (tempat pemungutan suara), melakukan exitpoll (mewawancara pemilih yang baru saja keluar dari bilik suara), ataupun survei via telepon (telepolling).

Lembaga-lembaga survei itu antara lain, LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial), Lembaga Survei Indonesia (LSI) 1 versi pimpinan Saiful Mujani, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) 2 versi pimpinan Denny JA PhD, Cirus, Puskaptis, dan Johans Polling
“Besok, jam empat sore sudah ada hasilnya, sudah ketahuan presiden terpilih, itu versi quick count (perhitungan cepat),” kata Direktur LP3ES, Suhardi kepada JPNN, Selasa malam (7/7).

Dia menceritakan, metode yang dipakai dalam quick count itu ialah menyebar 2.000 relawan untuk 2.000 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia

BACA JUGA: Jangan Ada yang Ngamuk Usai Pilpres

“Tim kami menghitung langsung di TPS, bahkan menjumlahkan data yang sudah ditandatangani di TPS,” ujarnya.

Selain perhitungan cepat, kata Suhardi, pihaknya juga melakukan exitpoll
“Exitpoll itu kami lakukan pada 8.000 pemilih, dengan catatan per TPS ada empat orang yang diwawancara

BACA JUGA: Surat Suara Kurang, Pilpres Bisa Rusuh

Relawan kami misalnya bertanya; anda memilih siapa capres-cawapresnya?, dulu waktu pemilihan legislatif milih partai apa?, nanti ketahuan fakta-fakta itu,” papar dia.

Berapa tingkat kepercayaannya? “Kalau yang hitung di TPS, seratus persen dong, Kan mengambil hasil yang sudah ditandatangani, sampling itu dilakukan di 33 provinsi,” terang Suhardi.

LP3ES juga sudah melakukan telepolling mengenai preferensi politik masyarakat menjelang Pemilu Presiden 8 Juli 2009Responden dari telepolling ini adalah masyarakat pengguna telepon rumah tangga di 15 kota besar di Indonesia, meliputi Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Medan, Padang, Palembang, Makassar, Manado, Balikpapan, Banjarmasin, dan Denpasar.

Berdasar catatan LP3ES, survei itu dilaksanakan dengan metode wawancara melalui teleponNamun survei tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat masyarakat secara umum, melainkan mereka para pengguna telepon rumah tangga di 15 kota besar di Indonesia yang menjadi lokasi surveiPengumpulan data dilaksanakan pada 3-4 Juni 2009, berhasil menjaring sebanyak 1.994 responden yang ditentukan secara acak sistematis (systematic random sampling) berdasarkan buku telepon residensial yang diterbitkan PT TelkomAmbang kesalahan (margin of error) dari survei ini diperkirakan sekitar 2% pada tingkat kepercayaan 95%.

LSI versi Saiful Mujani juga melakukan surveiDemikian juga dengan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JASebelumnya kedua lembaga survei ini dalam hasil surveinya menempatkan pasangan SBy-Boediono sebagai pemenang PilpresBahkan, survei keduanya menempatkan SBY memanangi Pilpres dalam satu putaran.(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Melankolis, Elektabilitasnya Turun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler