Jambi Bertekad Lanjutkan Proyek PLTA

Selasa, 04 Mei 2010 – 08:47 WIB
JAMBI- Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin bertekad untuk melanjutkan pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kabupaten KerinciUntuk itu, Zulkifli Nurdin berencana menggelar pertemuan dengan calon rekanan yang bakal menggarap mega proyek itu

BACA JUGA: NTB Ditarget 30 Mei Bebas Byar Pet

Beberapa investor yang berminat antara lain pimpinan Para Grup, Chairul Tanjung dan pimpinan PT Bukaka Tekhnik Utama (BTU), Achmad Kalla
Pertemuan itu akan membicarakan tindaklanjut pembangunan PLTA Kerinci yang lokasi pembangunannya direncanakan di Kecamatan Batang Merangin, Kerinci.

Namun, belum lagi pertemuan digelar, beredar kabar Para Grup sudah menyatakan mengundurkan diri

BACA JUGA: Siang ini, KPPU Putuskan Kasus Fuel Surcharge

Praktis, masih tersisa PT BTU yang diharapkan sanggup menggarap proyek PLTA Kerinci
Sayangnya, izin prinsip yang diberikan kepada BTU sudah habis masa waktunya sementara proyek belum juga dimulai.

Gubernur mengaku sudah mendapat informasi soal mundurnya Para Group pada proyek itu, serta habisnya izin prinsip PT BTU

BACA JUGA: Masih Ada Aparat Pajak yang Bersih

Namun, dia berjanji akan terus mengupayakan agar proyek PLTA tetap bisa berjalan, “Demi kelancaran pasokan listrik di Jambi,” ujarnya, singkat.

Proyek PLTA Kerinci berlokasi di 400 kilometer sebelah barat laut Kota JambiSecara administratif, masuk di dalam wilayah Kabupaten KerinciPLTA Kerinci nantinya akan menjadi bagian dari sistem kelistrikan Sumatera yang terinterkoneksi, yang berdasarkan pembagian wilayah PLN berada di dalam wilayah III yang meliputi provinsi Sumbar, Riau, dan Jambi.   

PLTA ini akan dihubungkan dengan sistem kelistrikan Sumatera melalui jalur transmisi tegangan tinggi 150 kV sepanjang 80 km menuju gardu induk di Bangko.

Awalnya, pembangunan PLTA Kerinci ditargetkan selesai selama tiga tahunDengan dana investasi lebih kurang senilai Rp 1,3 triliunMotor penggerak menggunakan air Sungai Imat yang merupakan aliran Danau Kerinci dan Sungai Batang MeranginPembangkit berkapasitas 180 MW akan memasok kebutuhan listrik Jambi dan provinsi sekitarnya.(nas/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Atasi Kebutuhan Perumahan, Menpera Andalkan Sensus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler