Jamin Tidak Ada Instruksi agar Polisi Menangkan Capres

Jumat, 06 Juni 2014 – 18:08 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mabes Polri menegaskan tidak ada instruksi ke jajarannya di bawah untuk menggalang dukungan masyarakat supaya memilih salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden saat pemungutan suara 9 Juli nanti. Sebab, Polri akan bersikap netral.

"Tidak ada instruksi untuk berpihak," tegas Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Franky Sompie, Jumat (6/6) di markasnya.

BACA JUGA: Polisi Kejar Penyerang Aktivitas Ibadah

Jenderal bintang dua, itu menegaskan, yang ada instruksinya adalah Polri harus netral. "Kita melaksanakan pemahaman kepada semua secara proposional dan profesional sesuai dengan undang-undang," katanya.

Ronny pun memastikan Polri akan selalu bersikap netral dalam pemilu. Menurutnya, Polri dilarang masuk ke dalam ranah praktik politik praktis, apalagi memihak pasangan tertentu. "Secara institusi sampai ke polsek, itu tidak ada yang boleh berpihak, semuanya netral," tegasnya.

BACA JUGA: Anas Sangkal Kasih Uang ke Peserta Kongres Demokrat

Bekas Kapolres Sidoarjo, Jawa Timur itu menegaskan, tugas Polri adalah mengamankan jalannya pemilu sebagai mekanisme politik lima tahunan. Karenanya, Ronny mengimbau kepada masyarakat yang melihat ada oknum Polri melakukan pendataan maupun mengajak agar memilih calon tertentu untuk melaporkannya.

Ronny bahkan menjanjikan Polri akan menindka tegas anggotanya yang bermain di pilpres.  Menurutnya, apabila ada pelanggaran etik berarti akan diterapkan Peraturan Kapolri Nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Polri. "Apabila pidana, maka (dikenakan) UU Pemilu atau UU lain," pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA JUGA: Sulit Jualan Figur, Gerus Suara Pesaing dengan Kampanye Hitam

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabes Polri: Babinkamtibmas Bertugas Melakukan Penyuluhan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler