Jangan Ada PPPK Merasa dari Pusat, karena SK Dikeluarkan Bupati

Minggu, 07 Juli 2024 – 06:57 WIB
Guru PPPK mengajar di ruang kelas. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MANOKWARI – Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, telah melantik 264 guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Manokwari Martinus Dowansiba menyatakan, dengan pelantikan 264 guru PPPK tersebut maka dapat menutupi kekurangan tenaga pengajar di daerah tersebut.

BACA JUGA: Hari yang Ditunggu-tunggu Honorer Telah Tiba, Menjadi PPPK adalah Berkah

"Setiap tahun selalu ada guru-guru yang senior yang pensiun sehingga hal itu yang membuat kita semakin kekurangan tenaga pengajar," kata Martinus.

Ditegaskan bahwa Disdik Manokwari akan mengontrol dan mengawal penempatan guru PPPK agar sesuai dengan SK pengangkatan PPPK dari Bupati Manokwari.

BACA JUGA: TPP PNS Bakal Dipotong untuk Bayar Gaji PPPK Paruh Waktu? Terungkap di DPR

Sebagian besar guru-guru tersebut ditempatkan di sekolah-seolah daerah pinggiran yang membutuhkan tenaga pengajar.

"Tetap melaksanakan tugas dan penempatan sesuai dengan SK bupati. Jika ada PPPK yang tadinya guru honor lalu kembali bertugas di sekolah lama, maka tetap melaksanakan tugas (sekarang) sebagai ASN," katanya.

BACA JUGA: Merasa Dijebak Saat Seleksi PPPK 2021, Guru P1 Ajukan 6 Tuntutan

Dia meminta agar para guru yang dilantik dan mendapat SK PPPK segera melaporkan diri ke sekolah sesuai penempatan dan segera menyesuaikan diri di tempat tugas baru.

Ditegaskan juga bahwa Disdik Manokwari tidak akan mengakomodir PPPK yang baru bertugas beberapa bulan lalu minta pindah.

Guru PPPK harus melaksanakan tugas sesuai penempatan dan tidak ada alasan mmeinta pindah di daerah kota.

"Jangan ada yang merasa dia adalah guru PPPK dari pemerintah pusat, karena SK dikeluarkan Bupati Manokwari, sehingga mereka bekerja untuk Pemkab Manokwari," ujarnya.

Guru PPPK harus tetap bertugas sesuai penempatan karena guru memiliki peran penting untuk pendidikan anak-anak.

Seorang guru PPPK harus bertugas sebagai aparat negara sekaligus abdi masyarakat.

"Mereka (bertugas) mencetak SDM anak-anak kita untuk mempersiapkan masa depan kita sehingga yang sudah diangkat sebagai PPPK harus melaksanakan tugas sebaik mungkin," ujarnya.

Berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik), guru di Kabupaten Manokwari dari semua jenjang pendidikan berjumlah 3.153 orang. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler