Jangan Hanya Aktornya yang Diungkap, Eksekutor Juga

Selasa, 16 Juli 2019 – 00:56 WIB
Novel Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polri akan membeberkan rekomendasi tim pakar investigasi kasus Novel Baswedan hari ini (16/7). Wadah Pegawai (WP) KPK berharap, tim mengungkap siapa pelaku lapangan dan aktor intelektual penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Penegasan itu kembali didengungkan setelah munculnya berbagai spekulasi liar yang menyebut bahwa tim pakar bentukan Polri hanya akan mengumumkan aktor intelektual saja.

BACA JUGA: Mabes Polri Pastikan Pak Iwan Bule Bersih dari Kasus Novel

”Yang kami inginkan itu adalah pelakunya ditangkap, diadili, baik itu aktor yang melakukan penyerangan di lapangan maupun aktor di belakangnya,” kata Ketua WP KPK Yudi Purnomo (14/7).

Salah satu spekulasi yang berkembang adalah terkait dengan keterlibatan jenderal bintang tiga. Spekulasi itu menjurus pada sosok mantan Kapolda Metro Jaya Iriawan yang saat ini berpangkat komisaris jenderal (komjen).

BACA JUGA: Ini Alasan TPF Kasus Novel Wawancara Komjen Iriawan

BACA JUGA: Relawan Teman Jokowi Resmi Sodorkan 2 Nama Calon Menteri

Namun, Iriawan tidak terima dengan spekulasi tersebut. Bahkan, dia menilai spekulasi itu hanya untuk mencari sensasi belaka.

BACA JUGA: Dampaknya Serius jika Tim Investigasi Kasus Novel Baswedan Gagal Ungkap Pelaku

Yudi mengatakan, pengungkapan kasus teror terhadap Novel sangat berarti bagi KPK. Sebab, dari situ, harapan agar teror-teror lain yang pernah menimpa pegawai dan pimpinan KPK dapat terbongkar akan kembali muncul.

Dan memberi semangat bagi keluarga besar KPK. ”Sampai saat ini seluruh teror tersebut tidak pernah terungkap dan tidak pernah bisa ditangkap siapa pelakunya,” ujarnya.

Bila pengungkapan kasus Novel tidak terungkap maksimal, Yudi pun kembali meminta Presiden Joko Widodo untuk membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF) independen.

”Kalau rekomendasi tim pakar kepada Kapolri tidak menemukan pelakunya, maka sudah tidak ada jalan lagi bagi Bapak Presiden Jokowi untuk segera membentuk TGPF,” tegasnya.

BACA JUGA: Amien Rais Dukung Jokowi – Ma’ruf Tuntas 5 Tahun

Untuk diketahui, rencananya Polri akan mengumumkan hasil tim pakar investigasi kasus penyerangan Novel hari ini. Laporan itu diserahkan oleh tim pakar pekan lalu. Isinya berupa 170 halaman laporan dan 1.500 halaman lampiran. (tyo)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komjen Iriawan Sebut TPF Kasus Novel Baswedan Hanya Cari Sensasi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler