Jangan Konsumsi 5 Buah Ini, Bikin Berat Badan Naik Drastis

Rabu, 30 Agustus 2023 – 06:28 WIB
Anggur hitam. Foto: stylesatlife

jpnn.com, JAKARTA - PARA ahli kesehatan menganjurkan agar kita rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Meskipun buah-buahan dan sayuran penting dalam semua pola makan, penting untuk mengetahui mana yang benar-benar membantu menurunkan berat badan dan mana yang tidak.

BACA JUGA: Ladies, Ingin Berat Badan Turun, Jangan Ragu Konsumsi 4 Minuman Ini Sebelum Tidur

Untuk menjernihkan mitos tersebut, ada buah-buahan yang harus dihindari jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Cocoonmedicalspa.com.

BACA JUGA: 4 Manfaat Rutin Mengonsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari, Wanita Pasti Suka

1. Pisang

Meskipun pisang benar-benar menyehatkan, ini adalah buah yang harus dikonsumsi secukupnya.

Satu buah pisang umumnya memiliki 150 kalori dan mengandung sekitar 37 gram karbohidrat, berkat kandungan gula alami yang berlebihan di dalamnya.

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan dengan 6 Herbal Alami Ini

Makan terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan, oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi total satu buah pisang per hari, misalnya sebagai camilan sehat.

2. Semangka

Semangka bisa sangat menyegarkan pada hari-hari musim panas yang terik.

Namun, penting untuk diketahui bahwa semangka sebenarnya mengandung air dan sebagian besar gula dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan buah-buahan.

Indeks glikemik (GI)-nya adalah 72, yang dianggap sebagai skor tinggi pada skala glikemik.

Oleh karena itu, mencampurkannya dengan buah-buahan lain dalam salad buah bahkan lebih buruk dan hasilnya seperti sepiring besar permen.

3. Kurma

Meskipun kurma sebagian besar tersedia dalam versi kering, kurma merupakan bahan populer dalam makanan penutup vegan dan granola, sebagai pemanis.

Bukan suatu kebetulan, kurma mengandung jumlah gula paling tinggi dibandingkan buah apa pun, bahkan melebihi glukosa murni.

Indeks glikemiknya adalah 103, sedangkan glukosanya 100. Oleh karena itu, kurma sebaiknya diganti dengan kismis atau aprikot kering jika memungkinkan, yang keduanya memiliki GI sekitar 50 tetapi disarankan dalam jumlah sedang.

4. Nanas

Karena nanas pada dasarnya memiliki rasa yang sangat manis, tidak mengherankan jika buah ini juga merupakan buah dengan kadar gula yang tinggi.

Indeks glikemiknya adalah 66 yang tidak ekstrim tetapi sebaiknya diganti dengan buah persik yang memiliki skor glikemik lebih rendah yaitu 42.

Di sisi lain, selalu ingat bahwa buah versi kalengan biasanya dikemas dalam sirup manis super manis yang meningkatkan GI buah.

5. Anggur

Meskipun baik untuk kesehatan secara keseluruhan, anggur sebenarnya mengandung gula dan lemak, sehingga bukan pilihan terbaik untuk diet penurunan berat badan.

100 gram buah anggur biasanya mengandung 16 gram gula dan 67 kalori yang cukup untuk menghambat penurunan berat badan dan malah mendorong penambahan berat badan.

Tentu saja, jika Anda mendambakan sesuatu yang manis dan lezat, buah-buahan yang disebutkan di atas masih merupakan pilihan yang lebih baik daripada coklat, kue kering, atau permen.

Keseimbangan adalah kunci gaya hidup sehat, yang terpenting hanya mengetahui apa yang benar-benar berhasil dan selalu menjaga batasnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Berat Badan   Buah   Kurma   Semangka  

Terpopuler