Jangan Teruskan. Lanjutkan, Itu Punya Demokrat

Rabu, 14 Juli 2010 – 14:44 WIB
DENPASAR - Munas HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ) yang mulai berlangsung Selasa kemarin (13/7) di Agung Room, Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali akan seruTokoh politik akan berebut posisi untuk memimpin organisasi para petani itu

BACA JUGA: Tifatul Rawan Di-Reshuffle

Bahkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) HKTI incumbent Prabowo Subianto ngotot mempertahankan kursinya
Bahkan hingga menjadi sponsor tunggal alias mendanai penuh kegiatan Munas hingga biaya tiket dan akomodasi peserta.

Terkuaknya langkah mantan menantu Soeharto ini mendanai penuh Munas HKTI, lantaran Ketua Panitia Munas HKTI Sadar Subagyo menyebutkan secara vulgar dalam sambutan kesiapan munas diawal pembukaan Munas kemarin

BACA JUGA: Istana Belum Berniat Reshuffle

Dia tegas mengatakan jika HKTI mampu tubuh dan dikenal saat ini
Bahkan Ketua Umum DPN HKTI Prabowo Subianto memberikan sikap keseriusan dalam menyukseskan Munas VII HKTI ini dengan menjadi sponsor tunggal Munas HKTI

BACA JUGA: MA Ingatkan Priyo: Jangan Campuri Kewenangan Presiden

''Ketua Umum kita bapak Prabowo menjadi sponsor tunggal Munas ke VII kali ini," tandas Subagyo.

Dia merinci posisi sponsor tunggal yang dimaksudDana munas untuk gedung dan lainnya penuh ditanggung oleh mantan Danjen Kopassus ituHingga biaya perjalanan alias tiket untuk para peserta ke Bali juga ditanggung Prabowo''Bahkan hotel sebagai akomodasi, yang jumlahnya 250 kamar di Inna Grand Bali Beach dan 75 kamar di Sanur Paradise juga ditangung beliauJadi ibu-bapak yang belum dapat hotel jangan khawatir," ungkapnya di depan semua peserta yang disambut tepuk tangan.

Sedangkan pidato Prabowo sendiri tidak terlalu panjangDia menjelaskan jika saat ini Indonesia diliputi pola ekonomi neoliberal dan kapitalisYang dibenarkan dengan dalih globalisasi hingga pasar bebasDia tegas menentang pola ini karena menyengsarakan masyarakat khususnya petani''Ini yang harus ditentang, tidak selamanya budaya barat cocok dengan alam kita," pekiknya disambut teriak, ''Hidup Prabowo, dan kata-kata ''Lanjutkan" artinya Prabowo diminta kembali memimpin HKTI.

Namun kata-kata ''Lanjutkan" ternyata sensitif di telinga PrabowoDia mengatakan itu slogan Partai Demokrat''Jangan lanjutkan, itu punyanya Partai Demokrat," sergahnya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika juga ikut memberikan sambutanDia lebih banyak menceritakan program pertanianNamun Pastika mengatakan ada tugas berat yang harus ikut diperjuangkan oleh HKTISaat ini masyarakat Bali dan Indonesia umumnya meninggalkan pekerjaan petaniDan pemerintah tidak bisa memaksakan lantaran petani memang identik dengan kemiskinan.

"Saya punya obsesi menjadikan pendapatan petani Rp 2 juta per bulanKalau belum bisa Rp 2 juta per bulan, tidak bisa pemerintah mengarahkan agar masyarakatnya jadi petani," tandas Pastika yang kerap menyebut nama Prabowo dengan Mas Bowo dalam sambutannya.

Setelah beberapa sambutan, akhirnya Munas HKTI kemarin dibuka oleh Menteri Pertanian SuswonoTak banyak ungkapan menarik disampaikanDia hanya menjelaskan beberpa hal keberhasilan pemerintah dalam pertanian''Namun tetap kunci agar bisa anggaran petani lebih tingi lagi ada di legislatif," harapnya di usai pidatonya.

Aura Munas HKTI memang mengarah untuk memenangkan Prabowo secara aklamasiBahkan Prabowo juga menyampaikan kesiapannya untuk memimpin kembali''Jika Munas mengharapkan saya siap," tegasnya saat diwawancara usai acara.

Namun Prabowo memilih tak banyak bicaraApalagi ketika ditanya kesiapannya bersaing dengan mantan istrinya Siti Hediati Hariyadi alias Titiek SoehartoDia hanya mengatakan siap-siap saja dan kembali mengatakan menyerahkan ke Munas.

Menjadi sponsor tunggal apakah ingin menang aklamasi? ''Bukan sponsor tunggal, namun bertangungjawab atas agenda ini selaku ketua umum," kilahnya sambil tidak lagi berkomentar banyak.

Selain Titiek Soeharto ada kandidat lain Oesman Sapta dari politisi Partai Pembangunan Daerah (PPD)Namun dua penantang Prabowo ini tidak terlihat hadirSosok penantang yang dianggap paling getol hingga mengumpulkan dukungan pemegang hak suara yang hadir adalah M.Jafar HafsahBahkan ketika diwawancara dia mengaku optimistis bisa menang dalam perebutan ketua umum HKTI''Hingga saat ini sudah 250 pemegang hak suara mendukung resmi saya," sebut politisi Demokrat ini yang juga anggota DPR RI ini.

Dia mengatakan bukan membawa gerbong Demokrat untuk merebut HKTIMelainkan memang sebagai Pengurus HKTI jauh sebelum masuk DemokratNamun jika didukung oleh Demokrat dia membenarkanBahkan Jafar mengatakan jika mendapatkan restu dari Presiden SBY''Demokrat memang mendukung, bahkan Bapak SBY juga mendukung langkah saya ingin membangun HKTITapi bukan ingin memasukan gerbong Demokrat ke HKTI," tandasnya saat diwawancara koran ini di sela-sela dia menyalami setiap peserta Munas HKTI.

Apa ada dukungan dana dari Demokrat untuk mengimbangi Prabowo yang sudah jadi sponsor tunggal? ''Ah, itu terlalu teknis, tidak perlu dijelaskanYang jelas didukung," pungkasnya.

Dalam agendajuga ada seratus orang yang mengaku para petani di luar gedung membawa spanduk dukungan ke PrabowoBahkan Praboowo sempat keluar utnuk menyalaminyaSelain itu ada pihak pengurus dari Jawa Timur dan DKI yang mengaku diganti paksa oleh pengurus baruMereka ingin masuk ke areal munas namun dihadangKondisi ini sempat membuat sedikit tegang lantaran pengurus yang tak puas ini akhirnya digiring keluar arena munas(art/aj/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tifatul Pasrah Kepada Presiden


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler