Jawaban AHY saat Ditanya Andai Tidak jadi Cawapres Anies

Sabtu, 15 Juli 2023 – 14:43 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan pengin segera mengumumkan sosok cawapresnya.

Namun, di dalam koalisi ada mekanisme yang harus dihormati, termasuk oleh Anies.

BACA JUGA: Jelaskan Agenda Perubahan dan Perbaikan, AHY Sebut Tidak Menihilkan Kinerja Jokowi

"Kami memiliki sebuah mekanisme, saling menghormati antarpartai. Masing-masing punya kedaulatan, ada mekanisme yang harus dihormati," kata AHY pada Jumat (14/7).

AHY pun menggarisbawahi bahwa partainya tetap mengingatkan dan mendorong agar deklarasi cawapres KPP tersebut segera dilakukan.

BACA JUGA: AHY Soroti Menteri Jeruk Makan Jeruk dan Berburu di Kebun Binatang

"Kami mengingatkan sekaligus mendorong bacapres kami untuk bisa menyampaikan ini secara langsung kepada publik. Beliau juga memiliki hal yang sama, artinya juga ingin bisa segera. Mudah-mudahan tidak lama lagi ini bisa diwujudkan," tuturnya.

Dia menyebutkan Partai Demokrat sama sekali tidak memiliki hambatan apa pun baik secara psikologis atau lainnya.

BACA JUGA: Baliho Anies-AHY Bertebaran, Kode Keras nih?

"Karena bagi kami, perubahan dan perbaikan adalah realitas yang tidak bisa lagi dielakkan akan hadir di negeri ini. Itulah mengapa lebih dari dua tahun yang lalu paling konsisten, paling lantang menyatakan perubahan ini," ujarnya.

Putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga mengaku bersyukur saat ini ada partai lain yang ingin perubahan dan perbaikan, termasuk bacapres Anies Baswedan.

"Namun, sekali lagi seberapa kuat pun kami berupaya untuk menyegerakan ini, saya juga memahami politik adalah politik dengan intrik dan dinamikanya, dengan setiap orang, setiap entitas punya agendanya. Kami sangat menyadari itu," katanya.

AHY juga mengaku masih optimistis KPP akan tetap solid.

Dia juga buka suara soal jika tidak menjadi cawapres Anies.

"Pertanyaan yang sama dibalik. Memangnya kalau Mas Anies memilih AHY, bagaimana? Karena kami sudah menandatangani piagam kesepakatan. Sah, tanda tangan tiga ketua umum partai politik, tegas menyatakan bahwa urusan cawapres diserahkan kepada capres," tutur AHY. (mcr8/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler